People Innovation Excellence

9 JURUS PENDENGAR AKTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dewasa ini perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi (ICT) telah berkembang sedemikian cepat. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia telah mengambil manfaat dan nilai yang telah dicapai oleh kemajuan di bidang teknologi ini, sehingga orang dipermudah dan dipercepat untuk mendapatkan informasi yang paling mutakhir yang sangat mereka butuhkan, tanpa harus beranjak dari tempat duduknya. Namun demikian tidak semua bentuk komunikasi dapat digantikan oleh kemajuan dibidang teknologi ini, meskipun di era sekarang seseorang dapat berkomunikasi tatap muka di layar kaca, yang secara fisik dibatasi oleh jarak ber mil-mil kilometer dengan lawan bicaranya. Organisasi bisnis masa kini tentunya sangat terbantu dengan perkembangan teknologi yang pesat ini. Namun ketika seseorang diundang makan malam oleh mitra bisnis, atau perayaan ulang tahun pemilik perusahaan, dan bahkan ketika kita bercengkrama dengan teman sejawat saat makan siang, tetap membutuhkan komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal bukan sekedar bertukar informasi, tetapi juga bertukar perasaan, berbagi kebahagiaan, bahkan juga berbagi rasa haru dan kesedihan. Dibalik peralatan yang canggih itu terdapat manusia-manusia yang tetap membutuhkan sentuhan emosi, keakraban, saling mengasihi dan saling berbagi rasa. Ketika seseorang melakukan konseling terhadap para pekerja yang tengah dilanda depresi, atau persoalan berat lainnya, tentunya tidak bisa dilakukan melalui pembicaraan pesawat telepon. Banyak data penting  yang dibutuhkan oleh seorang konselor profesional hanya bisa diperoleh melalui pertemuan tatap muka langsung, terutama untuk melakukan analisis dan diagnosis. Sehingga komunikasi interpersonal dalam organisasi bisnis tetap diperlukan, dan bahkan tidak dapat digantikan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

9 JURUS PENDENGAR AKTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close