People Innovation Excellence

Alternatif Model Perubahan Organisasi Bisnis

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Manajemen perubahan dapat didefinisikan sebagai proses memperbaharui arah dan struktur organisasi dalam upaya untuk melayani kebutuhan dan tuntutan pelanggan dan/atau lingkungan stakeholder lainnya – baik internal maupun eksternal – yang selalu berubah. Perubahan adalah fitur yang selalu ada dalam kehidupan organisasi, baik pada tingkat strategikal maupun operasional. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis tidak perlu ragu untuk senantiasa mengidentifikasi apa yang diperlukan oleh organisasinya di masa depan, sehingga perubahan organisasi merupakan salah satu bagian penting untuk mencapai tujuan di masa depan tersebut. Dalam hal ini, perubahan organisasi tidak dapat dipisahkan dari strategi organisasi, demikian pula sebaliknya, strategi organisasi tidak dapat dipisahkan dari perubahan organisasi. Mengingat pentingnya perubahan organisasi, maka keterampilan manajerial dalam mengelolanya sangat diperlukan oleh kalangan manajemen. Adanya laju inovasi teknologi, deregulasi, tenaga kerja berpengatahuan canggih, dibarengi dengan pergeseran tren sosial dan demografi, akan menuntut kepemimpinan perubahan organisasi yang mumpuni. Karena tuntutan akan perubahan organisasi seringkali tidak dapat diprediksi, dan diantaranya seringkali dipicu oleh krisis organisasi, maka penanganan akan hal ini seringkali menjadi reaktif, diskontinyu dan bersifat tambal sulam. Para manajer organisasi banyak yang menyadari bahwa perubahan organisasi tidak dapat dielakkan sebagai kebutuhan untuk bertahan hidup dan kunci dari keberhasilan mereka dalam mengatasi rintangan yang sangat kompetitif dari lingkungan saat ini yang terus berkembang. Namun studi dari Balogun dan Hailey menunjukkan bahwa 70% kegagalan perubahan organisasi terjadi ketika program tersebut baru dimulai. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kerangka konseptual yang valid tentang bagaimana menerapkan dan mengelola perubahan organisasi, sementara para praktisi sering dibingungkan oleh berbagai pendekatan teoritik yang kontradiktif yang diusulkan oleh kalangan akademisi.

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan unduh link berikut ini :

ALTERNATIF MODEL PERUBAHAN ORGANISASI BISNIS


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close