People Innovation Excellence

Diaspora Kepemimpinan Nasional

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagaimana yang tersirat dalam pelbagai kepustakaan, ternyata pakar manajemen sudah lama mengingatkan kita bahwa pemimpin adalah individu yang berkemampuan meniupkan roh bagi suatu organisasi. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri lagi kepemimpinan merupakan faktor penentu bagi hidup, berkembang, juga matinya suatu organisasi, baik di sektor publik maupun bisnis, di tingkat puncak, menengah dan bawah yang dimiliki oleh negara maupun swasta, baik menyangkut kepemimpinan tunggal ataupun kolektif- kolegial.

Suatu pembicaraan, misalnya saja mengenai tipe kepemimpinan Gus Dur selaku kepala negara dan mandataris MPR, misalnya saja jika seandainya pada saat itu Ia berkehendak secara sukarela menyatakan pengunduran dirinya atau bila Ia secara konstitusional dilengserkan oleh MPR; maka tentunya fenomena seperti itu dapat ditafsirkan di satu sisi sebagai telah berakhirnya era kepemimpinan nasional yang tunggal di Indonesia dan disisi lain pertanda awal mulai lahirnya kebutuhan terhadap diterapkannya tipe kepemimpinan yang kolektif-kolegial, khususnya di sektor pemerintahan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Diaspora Kepemimpinan


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close