People Innovation Excellence

Disiplin Organisasi

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Disiplin adalah tindakan para manajer untuk menegakkan standar organisasi, yang apabila para pekerja tidak mengetahui dan memahami standar tersebut, maka perilaku mereka akan tidak menentu dan cenderung salah arah. Sebagaimana diketahui, organisasi terdiri dari banyak pekerja yang masing-masing mungkin saja bergerak menuju arah yang berbeda dengan arah yang akan dituju organisasi, jika mereka tidak mengerti akan “rambu” organisasi. Sebagaimana di dalam perjalanan lalu-lintas, akan sangat bahaya jika kita semua mengabaikan lampu merah, yang apabila tidak mengindahkannya akan menghadapi risiko serius terjadinya tabrakan mobil. Pada dasarnya, seluruh proses perkembangan hidup manusia berusaha agar terhindar dari masalah dan kecelakaan, yang kesemuanya dipelajari tahap-demi tahap melalui peraturan atau standar. Dengan kata lain, kita mafhum bahwa akan banyak ditemui kesulitan jika kita sering mengabaikan peraturan. Maka salah satu cara untuk menjaga standar atau peraturan yang berlaku di dalam suatu organisasi adalah melalui pemberlakuan disiplin kerja.

Dalam konteks organisasi dikenal dua pendekatan umum didalam mempraktekkan disiplin, yaitu disiplin pereventif dan disiplin korektif. Disiplin preventif adalah tindakan yang dilakukan untuk mendorong para pekerja mentaati standar atau peraturan organisasi agar tidak terjadi pelanggaran. Pendekatan dengan cara ini dimaksudkan untuk mendorong para pekerja memiliki disiplin diri. Melalui cara ini para pekerja diharapkan menegakkan disiplin diri tanpa harus terlalu dipaksa oleh pemimpin mereka, maka tim kerja yang telah memilki disiplin diri secara sadar merupakan sumber kebanggaan bagi suatu organisasi. Dalam hal ini pemimpin tetap memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk menciptakan iklim organisasi dalam rangka pendisiplinan preventif, yaitu berusaha agar para pekerja mengetahui dan mematuhi standar dengan mengikut sertakan mereka dalam penyusunan standar atau peraturan organisasi. Dengan demikian para pekerja lebih mungkin mendukung standar atau peraturan yang turut mereka susun. Begitu juga para pekerja akan mengetahui alasan dibalik standar dan pengetahuan yang ditetapkan dimana hal tersebut masuk akal bagi mereka. Pada prinsipnya, pendisiplinan preventif adalah suatu sistem yang saling berkaitan, yang mana pemimpin melakukan suatu kerja sama dengan semua bagian dalam sistem untuk mengembangkan bentuk-bentuk pola pendisiplinan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Disiplin Organisasi


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close