People Innovation Excellence

Kapitalisme, Kewirausahaan dan Kerakyatan

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Harus diakui Adam Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi, namun dialah pelaku utama yang mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna, serta telah memberikan landasan yang cukup kuat, sebagai titik tolak bagi kemajuan perkembangan ilmu ekonomi di masa-masa mendatang. Melalui bukunya yang monumental An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nation, memaparkan bahwa pasar bebas bergerak menurut mekanisme pasar yang secara otomatis akan menghasilkan macam dan jumlah barang dan/atau jasa yang paling dibutuhkan dan diminati masyarakat konsumen. Dengan kenaikan tingkat produksi maka kelangkaan barang di pasar akan dihindari, sementara biaya produksi dapat ditekan seefisien mungkin dan konsumen dapat memperoleh pilihan barang dan/atau jasa dengan harga yang  kompetitif dan berkualitas. Smith percaya pada perdagangan bebas dan menentang biaya tinggi, ia menentang hampir semua campur tangan pemerintah di bidang bisnis dan pasar bebas, yang kesemuanya akan mengakibatkan penurunan efisiensi ekonomi dan kenaikan harga. Perlu pula digaris bawahi, bahwa Smith sebetulnya penentang utama praktek monopoli ekonomi, sama kerasnya dengan penentangannya terhadap campur tangan pemerintah. Yang terpenting dari pandangan Smith, bahwa teorinya tidak terhenti hanya sebagai wacana dikalangan teoritikus semata – sebagaimana sering terjadi di negeri kita dalam debat dan diskusi –  namun pengaruhnya telah masuk kedalam garis kebijakan pemerintah di sepanjang abad ke 19, bahkan hingga sekarang pengaruhnya malah semakin terasa.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Kapitalisme Kewirausahaan dan Kerakyatan


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close