People Innovation Excellence

Kepemimpinan Berbasis Kewirausahaan

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagaimana pernah ditulis dalam artikel terdahulu di serial kolom ini, bahwa belum ada suatu definisi yang seragam tentang kewirausahaan. Salah satu sebabnya adalah bahwa dari penelitian kewirausahaan belum terbentuk kerangka kerja untuk memfasilitasi penemuan fenomena empiris yang memadai dan utuh, sedangkan kerangka kerja konseptual ini tentunya mudah ditemui  di bidang penelitian ilmu sosial yang mapan. Oleh karena itu para peneliti di bidang kewirausahaan  mengajak  para sarjana manajemen bergabung dalam upaya  menyusun “batang tubuh” keilmuan tentang kewirausahaan secara sistematis. Secara implisit juga terkandung keinginan untuk mengkaitkan antara studi tentang kewirausahaan dengan kepemimpinan organisasional yang selama ini secara praktikal sering dibahas dalam perdebatan apakah “ayam” atau “telor” terlebih dahulu. Tentu saja fungsi  masing-masing  secara individual bertanggung jawab dalam penciptaan barang dan/atau jasa serta pemanfaatan peluang pasar. Penelitian akan lebih fokus, jika konsentrasi diarahkan langsung pada orang-orang yang bertanggung jawab atas kinerja organisasi perusahaan, seperti kepada para CEO, manajemen tim atas (TMT)  atau dewan direksi.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

KEPEMIMPINAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close