People Innovation Excellence

Kepemimpinan Empati

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Diantara ribuan sukses Robert Eaton yang telah diraih,  maka langkah pertama yang diambil  ketika ia menggantikan Iacocca di perusahaan otomotif Chrysler, membentuk “Senior Management Behavior Team”, yakni suatu program yang dirancang untuk melatih para pejabat senior perusahaan tersebut agar mereka lebih mudah didekati, mau mendorong keterbukaan karyawannya, dan mau menyapa serta mendengarkan keluh kesah bawahannya. Robert Eaton sering dijuluki sebagai seorang pemimpin yang selalu mudah dihubungi, memiliki kemampuan intuitif, dan bersedia mendengar serta memberi petunjuk dengan empati. Bahkan, Ia sering menjawab sendiri telepon untuknya dan acap kali bercakap-cakap santai dengan para manajer dan karyawan Chrysler.

Para peneliti di Center for Creative Leadership menyatakan bahwa ketidakpekaan seseorang terhadap orang lain, merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kegagalan seorang eksekutif dan pemimpin. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kesediaan seseorang untuk memahami perspektif orang lain (empati), merupakan faktor keberhasilan yang signifikan dalam aspek kememimpinan. Konon, harus diakui adanya kekahawatiran di kalangan para eksekutif atau manajer, jika mereka terlalu dekat dengan karyawan atau bawahannya, maka kedekatan itu akan merusak sikap objektivitasnya. Oleh karena itu, seseorang enggan bersikap tulus dan terus-terang kepada orang lain, karena dihinggapi beberapa kekhawatiran yang sangat mendasar. Bahkan, tatkala berhadapan dan bertatap muka sekalipun, tidak sedikit orang yang tidak mengatakan apa yang sebenarnya, dikarenakan takut akan membuat lawan bicaranya marah.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Kepemimpinan Empati


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close