People Innovation Excellence

Manajemen Situasional

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Walaupun suatu organisasi bisnis telah memiliki seperangkat instrumen untuk mengendalikan perilaku sumber daya manusia di dalamnya – baik antara lain melalui deskripsi tugas (wewenang dan tanggung jawab), analisis dan spesifikasi tugas, SOP, sistem imbalan maupun tunjangan lainnya – namun tidak serta merta perilaku tersebut akan mengarah pada tujuan yang diharapkan, baik dalam pencapaian produktivitas maupun kinerja. Sudah sejak lama para pakar maupun praktisi manajemen tertarik pada teori hirarki kebutuhan yang diajukan oleh Abraham Maslow, yang dalam klasifikasi lebih sederhana dapat dibagi kedalam dua bagian, yaitu  kebutuhan tingkat rendah dan kebutuhan tingkat tinggi. Kebutuhan pertama lazim disebut sebagai kebutuhan untuk kelangsungan hidup (pangan, sandang, papan dan seks), rasa aman dan keterjaminan. Sementara kebutuhan kedua lazim dibagi lagi menjadi tiga aspek, yaitu kebutuhan rasa memiliki dan sosial, penghargaan dan status, serta aktualisasi diri. Dalam memenuhi kebutuhan tingkat tinggi pada aspek pertama, maka sebagian dari kebutuhan tersebut dapat diperoleh dalam lingkup pekerjaan dan sebagian lagi dapat dipenuhi diluar lingkup pekerjaan. Adapun yang berkenaan dengan aspek kedua, yaitu kebutuhan akan penghargaan dan status, hal ini merupakan harapan manusia untuk mendapat pengakuan akan harkatnya sebagai insan manusia sekaligus penghargaan akan status sosialnya. Adapun yang berkenaan dengan aspek ke tiga, yaitu kebutuhan akan aktualisasi diri yang merupakan kebutuhan manusia untuk mewujudkan segala kemampuan dan potensi dirinya menjadi suatu kenyataan  guna mencapai kepuasan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Manajemen Situasional


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close