People Innovation Excellence

Memasuki Tahap Konsolidasi dan Integrasi Kekuatan Bangsa

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Reformasi dan pesta demokrasi telah sampai pada ambang kejenuhan, yang dalam periode tersebut Indonesia hanya menjadi tontonan dunia luar saja, sementara negara tetangga semacam Malaysia hanya tersenyum simpul menyaksikan sorak-sorai ephoria anak bangsa, tanpa sedikitpun terpengaruh atau ingin meniru “perubahan” ala Indonesia- dengan tidak memberi celah sedikitpun pada Anwar Ibrahim sebagai pembaharu – kecuali mengambil keuntungan saja dari situasi yang keruh. Setelah banyak membuang energi berpesta pora menyulut petasan, mercon dan kembang api, keheningan sejenak menghinggapi kita: akan kemanakah bangsa Indonesia ini dibawa  para pemimpinnya?

Kalau di akhir tahun 2011 adalah tahap dimana kita melakukan re-evaluasi, maka mengawali tahun 2012 seyogyanya kita menghimpun kembali segenap kekuatan bangsa yang masih tersisa, apakah itu aset kebudayaan, sumber daya manusia, kepemimpinan, sumber daya alam dan terlebih lagi adalah merekonstruksi cara berpikir serta cara pandang kita terhadap pelbagai aspek, baik ke dalam maupun aspek-aspek lingkungan yang terus berubah dengan cepat. Menyusun kembali infrastruktur jalinan berbangsa dan bernegara  dalam  struktur yang kokoh. Namun periode kepemimpinan formal yang sekarang ini tinggal menyisakan  tahap akhir masa pemerintahannya, bukanlah  memasuki babak periode kepemimpinan baru. Seyogyanya periode orde reformasi tahap transisi ini segera berakhir, masuk ke dalam babak baru pencerahan dan kejayaan bangsa. Dua tahun dalam masa penantian babak baru tersebut menjadi terasa lama – dalam siatuasi kepemimpinan yang kehilangan arah dan inspirasi – apalagi dihadapkan pada  berbagai urgensi yang mendesak saat ini.

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan klik link dibawah ini :

Memasuki Tahap Konsolidasi dan Integrasi


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close