People Innovation Excellence

Membangun Solidaritas Bangsa Di Tengah Arus Globalisasi

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam mengarungi kehidupan manusia tidak lepas keberadaannya dari dunia obyektif, ia mencerap dan menyimak sekaligus  berinteraksi secara dialektis dengan  dunia obyektif terlibat bersama-sama memahatkan dan mematrikan sejarahnya. Melalui pekerjaan atau aktivitasnya manusia bergumul sepanjang waktu menorehkan sejarah hidupnya sendiri, komunitas, negara dan bangsa dalam skala intensitas yang saling berbeda antar individu. Kemampuan manusia mengambil distansi dalam kapasitas sebagai pelaku sejarah sekaligus keniscayaan dirinya yang terbelenggu oleh arus kesejarahannya menyebkan ia memiliki keunggulan dibanding mahluk lain. Walaupun kesadaran historis sebagai hasil peradaban manusia tergolong baru, karena sebelum tampilnya para tokoh sejarawan Yunani kesadaran itu belum muncul.

Hakekat kesejarahan inilah yang membuat manusia akhirnya menjadi sedemikian berbeda dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya yang tidak memiliki sense of history. Keistimewaan manusia untuk aktif melakukan pilihan-pilihan kesejarahannya – dengan kesdaran eksistensialnya – membuat dirinya mampu mengubah  wajah sejarah. Ada banyak kejadian dan perkembangan  penting yang melibatkn peranan sosok manusia dalam mengubah sejarah dan peradaban. Dari sejak manusia pertama diturunkan ke muka bumi sampai dengan masuk ke abad  teknologi, komunikasi dan informasi yang pesat seperti saat ini, telah terjadi pelbagai lompatan monumental  dalam sejarah peradaban umat manusia di segala bidang, baik dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, agama dan pola-pola hubungan antar manusia, baik sebagai mahluk individual maupun  mahluk bermasyarakat atau sosial. Kemampuannya sebagai mahluk sosial telah banyak melahirkan pranata-pranata, institusi melalui pelbagai cara dan pola pengorganisasian lengkap dengan pelbagai perangkat lunak dan perangkat keras  sebagai  penunjangnya. Sebagai mahluk yang berakal manusia diberi kemampuan untuk menyiasati sejarahnya, berkesempatan mengambil inisiatif untuk melakukan perubahan kontinum terhadap kemajuan peradaban untuk mengangkat harkat-martabat kemanusiaannya baik untuk kepentingan dirinya, keluarga, komunitas dan secara luas adalah bangsa negara dan dunianya. Terpulang pada diri manusia masing-masing untuk menentukan pilihan-pilihan sejarahnya, menapaki rentang lorong waktu menggapai masa depan, merambah wilayah-wilayah yang belum terjamah, baik oleh jangkauan daya pikir-nya maupun oleh daya gerak fisik lahiriahnya sebagai tantangan yang terbuka lebar.

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan klik link dibawah ini :

Membangun Soliditas Bangsa


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close