People Innovation Excellence

Perilaku Kepemimpinan Dalam Situasi Kritikal

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Seseorang yang tengah menghadapi situasi kritikal tidak bergerak dalam ruang yang hampa. Sifat dari situasi kritikal itu sendiri, termasuk ketersediaan informasi, tekanan waktu, dan lain sebagainya jelas akan mempengaruhi perilaku seseorang. Faktor eksternal lain seperti budaya organisasi, standar prosedur operasi (SOP), dan dinamika kelompok, kesemuanya akan memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana seseorang mengelola situasi kritikal. Begitu juga faktor internal kepribadian secara individual akan memiliki pola reaksi yang berbeda terhadap situasi kritikal. Sekelompok orang yang memiliki pengalaman dalam pelatihan yang serupa, dan bekerja dalam tim kerja atau organisasi dengan SOP yang sama, namun masing-masing individu dalam kelompok itu akan berperilaku berbeda ketika menghadapi situasi yang sama atau serupa. Dalam hal ini berarti, bahwa faktor perilaku-individual dapat memainkan peran kunci dalam menentukan pilihan seseorang untuk menangani situasi kritikal. Oleh karena itu memahami peran dari faktor-faktor perilaku-individual dalam mengelola situasi kritikal adalah penting bagi kepentingan organisasional, terutama ketika organisasi perlu menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu kesalahan dapat terjadi, khususnya kesalahan yang terindikasi ada kaitannya dengan faktor human error.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

PERILAKU KEPEMIMPINAN DALAM SITUASI KRITIKAL


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close