People Innovation Excellence

REORIENTASI STRATEGI PERGURUAN TINGGI

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat substansi dari tujuan dunia pendidikan, yang agaknya dari dulu hingga kini secara normatif relatif tidak berubah, yakni bertujuan membebaskan manusia dari belenggu kebodohan dan mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai upaya sistematik dan empirik untuk mencari kebenaran. Adalah Plato filsuf besar Yunani  – dalam bukunya Republik – yang jauh hari telah merumuskan makna pendidikan sebagai “tugas membebaskan dan memperbaharui manusia dari belenggu ketidak-tahuan dan ketidak benaran”, yang tidak lain sasaran akhirnya dalam rangka perwujudan negara yang Ideal. Menurutnya, pembebasan dan pembaharuan itu akan membentuk manusia yang utuh, yaitu manusia yang berhasil menggapai segala keutamaan dan moralitas jiwa, yang akan mengantarnya ke ide yang tertinggi, yaitu kebajikan, kebaikan, dan keadilan.

Tokoh lain adalah Aristoteles, sebagai murid Plato, ia mempunyai konsep pemikiran tentang pendidikan yang hampir sejalan  dengan Plato. Namun Aristoteles lebih tegas mengaitkan tujuan pendidikan dengan tujuan negara. Ia mengatakan bahwa tujuan pendidikan haruslah sama dengan tujuan akhir dari pembentukan negara, dalam hal ini segala upaya pembuatan dan penyusunan hukum, begitu pula pembentukan konstitusi, harus dinafasi oleh semangat dan idealisme dunia pendidikan, sehingga dapat tercapai kehidupan yang lebih baik dan lebih berbahagia (eudaimonia).

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

REORIENTASI STRATEGI PERGURUAN TINGGI


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close