People Innovation Excellence

Sektor Publik Dalam Bingkai Inovasi Kolaboratif

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tulisan ini akan mencoba mengupas tentang  adanya  kebutuhan  inovasi  bentuk baru di sektor publik, mengingat  organisasi birokrasi yang relatif bersifat tertutup belum berhasil menemukan cara berinovasi yang mampu  menghasilkan kuantitas dan kualitas inovasi yang diperlukan untuk memecahkan tantangan dari sebuah kebijakan yang muncul. Atas dasar itu  perlu ditetapkan  kriteria  agar  inovasi disektor publik dapat memenuhi harapan. Salah satu inovasi yang memenuhi kriteria adalah siklus inovasi yang mampu membuka akses  ke berbagai aktor dan menyentuh sumber daya inovasi lintas batas, dan mampu  mengatasi sekat budaya serta memperoleh dukungan sosio-politik  bagi terselenggaranya inovasi di sektor  publik. Memang banyak orang yang kurang peduli untuk melakukan studi tentang praktek inovasi di sektor publik dan menganggapnya sebgai upaya yang sia-sia saja.  Padahal sektor publik dewasa ini tengah menghadapi suatu tantangan yang lebih kompleks, dan  sulit untuk mengatasi kompleksitas tersebut tanpa melakukan upaya-upaya yang bersifat inovatif.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

SEKTOR PUBLIK DALAM BINGKAI INOVASI KOLABORATIF


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close