People Innovation Excellence

Stres Dalam Organisasi

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Stres adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses pikiran, dan kondisi fisik seseorang. Stres yang terlalu berat dapat mengancam dan menghambat kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungan, karenanya secara umum stres sering diterapkan sebagai tekanan-umum terhadap perasaan hidup manusia. Dalam konteks organisasi, stres yang sering dialami diri para pekerja dapat berkembang berupa gejala tekanan sebagai faktor pengganggu terhadap prestasi kerja mereka. Para pekerja yang mengalami gejala stres terlihat menjadi nervous, khawatir, mudah marah, sulit santai, tidak koopratif, bahkan ditingkat yang lebih akut dapat melarikan diri pada kecanduan minuman keras atau menggunakan obat-obat terlarang. Pada gilirannya stres juga dapat menimbulkan gangguan fisik akibat berubahnya tubuh bagian dalam sebagai reaksi terhadap stres. Gangguan fisik tersebut dapat bersifat jangka pendek, namun juga bisa bersifat jangka panjang, seperti gangguan pencernaan dan gangguan usus. Apabila stres tersebut tidak kunjung tertanggulangi dengan baik dan berlangsung dalam periode yang relatif lama, maka dapat memicu penyakit jantung, ginjal, pembuluh darah, dan bagian-bagian lain dari organ tubuh manusia. Oleh karena itu faktor stres dalam pekerjaan – baik didalam dan diluar pekerjaan – perlu ditiadakan serendah mungkin agar para pekerja mampu menghadapinya tanpa mengalami banyak gangguan. Kondisi kualitas kerja yang jelek, konflik berkepanjangan antar atasan dan bawahan, peristiwa traumatik, bahkan kesedihan dan kekecewaan yang mendalam dapat menimbulkan depresi sampai bunuh diri.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Stres Dalam Organisasi


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close