People Innovation Excellence

Sumber Daya Manusia Bertalenta

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Banyak pihak merasa khawatir dengan kondisi dan situasi perekonomian di Indonesia, yakni kecenderungan akan berjalan ke arah yang kurang tepat dan apabila tidak berhati-hati maka hal ini akan mengarah pada kemunduran. Bahkan identik seperti pada masa penjajahan belanda di mana Indonesia menjadi produsen sumber daya alam dan importir produk manufaktur. Akibat kondisi ekonomi yang semakin tergantung pada pihak luar negeri, dihawatirkan Indonesia hanya akan menjadi penonton di tengah-tengah kebangkitan ekonomi Asean. Memang berbagai data ekonomi yang dilansir dari Biro Pusat Statistik ataupun Bank Indonesia, secara umum menunjukkan bahwa stabilitas ekonomi makro ataupun pasar keuangan secara umum cukup terjaga yang ditunjang oleh pelbagai indikator ekonomi makro lainnya yang relatif cukup baik.  Akan tetapi jika lebih jauh diamati dengan seksama, khususnya yang berkenaan faktor-faktor pendukung kinerja yang baik tadi, kita perlu waspada karena dari sisi kualitas ternyata  pertumbuhan ekonomi Indonesia masih relatif  rendah dan rawan. Tanda-tanda dari pembangunan ekonomi Indonesia berjalan kurang terarah, diantaranya adalah stabilitas ekonomi makro yang dianggap baik itu ternyata lebih banyak didukung oleh dana jangka pendek yang besar, yaitu hot money yang masuk ke Indonesia yang diperkirakan lebih besar dari cadangan devisa yang tersedia di Bank Indonesia.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Sumber Daya Manusia Bertalenta


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close