People Innovation Excellence

Wajah Baru Kepemimpinan

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pentingnya peran kepemimpinan dalam organisasi, telah menggugah minat para peneliti dan ilmuwan untuk lebih memahami, mendefinisikan, dan menjelaskan esensi kepemimpinan khususnya di era abad ke 21 ini.  Dalam upaya mereka untuk menemukan definisi kepemimpinan yang tepat dan akurat, ribuan penelitian di tingkat global telah dipublikasikan hanya dalam beberapa dekade terakhir saja. Sebagian besar studi telah berfokus pada kualitas pribadi dan keterampilan seseorang untuk memperoleh penjelasan tentang kepemimpinan. Para ilmuwan sosial telah mencoba mengidentifikasi kemampuan, sifat, perilaku, sumber kekuasaan atau aspek situasi yang menentukan seberapa efektif seorang pemimpin  dapat mempengaruhi orang lain. Bertentangan dengan  periode sebelumnya, istilah “kepemimpinan” telah menjadi kosa kata populer yang telah menambah perbendaharaan kata  baru dewasa ini. Bahkan di akhir abad ke-19, kata tersebut belum sepopuler seperti dewasa ini, meski kata “raja”, “kaisar”, “sultan” dan “saudagar” telah memiliki sejarah lebih lama untuk menggambarkan figur otoritas pemimpin. Kelahiran dan evolusi dari gagasan “kepemimpinan” berfokus pada konsep yang jauh lebih kompleks yang telah melampaui batasan pengertian kepemimpinan tunggal dan formal selama ini.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

WAJAH BARU KEPEMIMPINAN


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close