People Innovation Excellence

Dimensi Kewirausahaan

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah pertanyaan menantang kembali muncul: Apakah studi kewirausahaan benar-benar merupakan bidang studi yang perlu terpisah dan berbeda dengan bidang studi ilmu-ilmu sosial lainnya? Pertanyaan ini salah satunya didorong oleh adanya perbedaan landasan antara disiplin ilmu ekonomi dengan ilmu psikologi dalam mengembangkan cara pandang tentang kewirausahaan. Artinya, landasan ilmu ekonomi lebih menekankan pada rasionalitas dan studi agregat sosial (Schumpeter) yang tidak mudah untuk digabungkan dengan landasan ilmu psikologi yang lebih menekankan pada aspek individual atau non-agregat seperti motivasi dan dinamika psiko-sosial. Adanya perbedaan perspektif dari masing-masing disiplin ini menciptakan sikap ambivalensi di kalangan mayoritas para peneliti tentang topik kewirausahaan dan, dengan demikian, mendorong munculnya bidang studi yang terpisah. Para akademisi telah menempuh alur penelitian berbeda tentang ciri-ciri kewirausahaan, diantaranya ada yang befokus pada perbedaan individual dari ciri-ciri kewirausahaan. Sebagai contoh, sebagian para peneliti melakukan pendekatan pada aspek dimensi kepribadian, dimana riwayat perkembangan psikologik dari seorang wirausahawan merupakan bahan untuk menjelaskan potensi aktivitas kewirausahaan. Pada sisi yang lain, para peneliti lain lebih berfokus untuk meneliti pengaruh lingkungan – faktor situasi ekonomi misalnya – ketika seseorang memulai sebuah bisnis atau berinovasi. Atau mempelajari pengaruh pertumbuhan makro ekonomi regional pada tingkat penciptaan organisasi bisnis baru.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

DIMENSI KEWIRAUSAHAAN


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close