People Innovation Excellence

Tren Kepemimpinan Organisasi Bisnis

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kepemimpinan yang efektif adalah penting bagi semua sektor organisasi bisnis, begitu juga untuk organisasi publik, yang menginginkan kesuksesan pencapaian kinerjanya. Beberapa konsep tentang kepemimpinan terus dikembangkan, sejalan dengan itu para pemimpin mengadaptasikan keahlian mereka untuk tetap efektif, sehingga berbagai tren kepemimpinan versi baru muncul memberi harapan bagi perkembangan dunia bisnis. Salah satu yang menjadi tren selama dekade pertama abad ke-21 adalah perhatian yang lebih besar terhadap pemberdayaan para pekerja sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi tim kerja. Organisasi bisnis telah memberi banyak wewenang dan tanggung jawab pengambilan keputusan di tangan para pekerja di lini depan. Disamping bertujuan memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan, juga mendorong para pekerja untuk meningkatkan prestasi, rasa memiliki dan mengaktualisasikan dirinya sehingga mereka merasa bermakna dan memiliki kontribusi pada capaian kinerja organisasi bisnis. Dengan demikian akan tumbuh motivasi dari dalam diri sendiri, ketika para pekerja diberdayakan untuk merealisasikan potensinya. Sejalan dengan itu, akibat resesi yang melanda beberapa tahun yang lalu telah mendorong para pemimpin organisasi bisnis untuk memikirkan kembali fokus mereka. Mereka memanfaatkan kesempatan untuk mempertimbangkan pendekatan bisnis baru dan menekankan pada kegiatan operasi organisasi bisnis yang lebih berdampak pada pasar global dan menjangkau masyarakat secara lebih luas. Hal ini berbarengan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap organisasi bisnis agar beroperasi dengan cara yang lebih ramah lingkungan atau “lebih hijau”, serta memiliki tanggung jawab sosial. Disamping itu, selama dua dekade terakhir ini lebih banyak kaum perempuan telah memasuki dunia kerja secara konsisten. Menurut sejumlah laporan, kaum perempuan telah menduduki hampir setengah dari jumlah tenaga kerja di Amerika Serikat. Mereka telah menduduki posisi yang lebih mapan di organisasi bisnis, dan harapan sedemikian besar ketika lebih banyak perempuan telah menduduki posisi kepemimpinan dan manajemen. Sejumlah perusahaan pun telah mulai fokus untuk mempertahankan bakat perempuan dalam perekrutan, dimana mereka bekerja dengan lebih tekun untuk mewakili kaumnya dan meraih posisi dalam papan atas manajemen. Banyak organisasi bisnis yang telah mengakui bahwa perempuan harus diwakili di tingkat tertinggi pada proses pengambilan keputusan, bukan hanya karena hal itu adalah adil, akan tetapi juga karena peran perempuan semakin penting dalam pengembangan pemasaran produk dan jasa, dan karena itu penting pula untuk mempertahankan perempuan berbakat.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

TREN KEPEMIMPINAN ORGANISASI BISNIS

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close