Widyatama Debate Competition (WIDETION) adalah kompetisi debat tingkat nasional yang menjadi agenda rutin Fakultas Manajemen Universitas Widyatama, Bandung, sejak tahun 2007. Penyelenggaraan kompetisi tahun 2013 ini  bertema “Business, Ethics, and Profit”. Kompetisi ini diikuti peserta dari beberapa universitas yaitu Binus University, Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya, Unversitas Widyatama, UNIKOM dan perguruan tinggi  dari luar Jakarta dan Bandung. Tahap penyisihan dan perempat-final dilakukan 7 Maret sampai 8 Maret 2013, sedangkan dua tahap berikutnya yang paling menegangkan, yaitu tahap semi-final final hingga tahap final dilaksanakan  pada  9 Maret 2013 lalu.

Binus University mengirimkan dua tim dari mahasiswa Jurusan Manajemen, Tim Binus-1 beranggotakan Giovanni Alexander,   Melvi , dan Yustina Ismi Rahmawati, sedangkan tim Binus-2 terdiri dari Ilham Said Radito, Sylvian Valentina, dan Steven. Anggota kedua tim dikombinasikan dari beberapa angkatan dengan jalur peminatan berbeda. Kedua tim mendapatkan bimbingan dari dosen Business dan Organisasi, terutama Ibu Respati Wulandari, Bapak Jerry Marcellinus Logahan , Ibu Retno Dewanti dan Ibu Synthia A. Sari selaku penanggung jawab.

Dengan mengucap syukur atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, tim Binus-2 berhasil mendapatkan Juara 2, setelah mengalahkan tim UI di semi-final. Selamat kepada Tim Binus University, semoga selalu berprestasi dan menjadi yang terbaik !

 1
Barisan depan dari kiri ke kanan: Ilham, Ismi, Sylvian, Melvi.  Barisan belakang dari kiri ke kanan; Giovani, Steven, Synthia (Dosen Pembimbing), dan Respati Wulandari (Dosen Pembimbing)
 2Dari kiri ke kanan: Ilham, Sylvian, dan Steven

Bukan Binusian namanya jika hanya sekedar mengikuti kompetisi debat. Apa yang menarik dari hal ini? Apakah sekedar kemenangan yang diraih tim Binus? Tim Binusian yang diikuti oleh ke-6 jagoan kita ini bukan sekedar belajar teknik berdebat. Tetapi belajar memahami proses kehidupan. Kerja keras sudah dimulai 3 minggu sebelum kompetisi dimulai. Semua peserta belajar untuk saling mengenal, belajar berbicara layaknya pelajar, belajar mencari data dalam waktu singkat, dan yang paling sulit adalah belajar untuk saling mendengar dan meningkatkan percaya diri. Inilah kehidupan… Kompetisi debat membuka proses pembelajaran lebih mendalam dari apa yang dibutuhkan dari menjadi Mahasiswa…..Semoga dari berbagai kompetisi debat yang terselenggara, menumbuhkan sifat dan sikap lebih berbela rasa, saling peduli dan kerja sama diantara kita….

Berikut adalah Testimoni tim binus setelah mengikuti Lomba Debat Widyatama Debate Competition (WIDETION) 2013 :

  1. Setelah mengikuti lomba ini, banyak hal yang didapatkan, dari networking, kemudian skill dalam berpikir, pengetahuan juga ikut bertambah. Terutama mental sangat terasah disini, sehingga untuk melakukan sesuatu di kehidupan sehari-hari menjadi lebih berani. Pengalaman mengikuti lomba ini sungguh sangat berarti. (Steven,  angkatan 2011)
  2. Setelah mengikuti lomba Widetion, saya merasa lebih terdorong untuk meraih lebih banyak prestasi. Dorongan itu muncul karena banyak hal, di antaranya pola pikir yang diberikan para dosen pembimbing selama persiapan hingga akhir, dukungan dan doa rekan-rekan tim Binus University, hingga suasana kekeluargaan di sela-sela semua proses tersebut. Di samping itu, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Binus University, khususnya School of Management yang telah mendukung tim kami dalam mengikuti kompetisi ini. Terima kasih juga kepada dosen-dosen yang pernah melatih dan membimbing kami yang tidak cukup saya sebutkan satu per satu. Dan juga rekan tim yang membanggakan. Bagi saya, kami adalah satu keluarga besar yang tidak ada kata apapun yang cocok mewakilinya selain Binusian. (Ilham Said Radito, angkatan 2010)
  3. Sungguh senang bisa mewakili School of Bisnis Management untuk lomba debat di Widyatama Bandung dengan tema “Ethic vs Profit” dimana kita bisa belajar banyak dari pengalaman dan proses pembelajaran yang singkat tetapi kami mendapat banyak sekali ilmu mulai dari public speaking, stategi, dan team work yang tidak mungkin dilupakan dari dosen-dosen yang sudah membantu dan teman-teman dari Binus dan Universitas lain. (Giovanni Alexander, angkatan 2011)
  4. Mengikuti lomba debat Widyatama memberikan pelajaran dan pengalaman yang sangat berarti untuk saya. Melalui perlombaan ini saya mampu menggali potensi saya, terutama dalam hal public speaking di bidang akademis. Selain manfaat dalam hal akademis, baik dari masa persiapan maupun selesai perlombaan merupakaan pengalaman yang sangat bermanfaaat dan menyenangkan dengan dosen pembimbing maupun teman-teman yang mengikuti lomba. Semoga dengan pengalaman ini semua yang terlibat dapat semakin termotivasi untuk menggali potensi-potensi kita. (Sylvian Valentina, angkatan 2010)
  5. Ikut sebuah kompetisi bersama tim dari Bina Nusantara University sangatlah membuat saya belajar banyak hal. Dari mulai belajar untuk mempersiapkan diri untuk menjadi debaters yg baik, dan belajar dri kritik dan satan teman2 satu tim dan dosen2 bina nusantara yang sangat kompeten. Kami menjadi merasa, bisa mewakili binus univ sangatlah sebuah pengalaman yg sangat berharga, sebab, sebagai tim yg dikirim, kami mendapat kelas tambahan dari dosen2 yg benar2 mahir di bidangnya yg dapat sangat menambah wawasan kita untuk menilai sebuah masalah tidak hanya dari satu sisi. Bina nusantara benar2 sebuah universitas yg berkualitas yang menjunjung tinggi profesionalitas, dan sangat mempersiapkan mahasiswa nya untuk siap bersaing secara global. We love binus university! (Yustina Ismi Rahmawati, angkatan 2010)