People Innovation Excellence

Sistem Dinamis Vs Digital Dashboard Management

Oleh Yuli Eni

Apa itu system dinamis? Apa hubungannya dengan digital dashboard management? Artikel ini dapat menjawab kaitan antara system dinamis dengan digital dashboard management.

Berawal dari konsep system dinamis adalah sebuah konsep yang membantu dalam pemecahan masalah yang bersifat sistemik. Sistem dinamis ini telah diperkenalkan olej Joy Forrester (Principles of System) pada tahun 1963 dan sejak itu telah mengalami penyempurnaan berkelanjutan. Namun pada tahun 1990-an system dinamis ini lebih dikenal sebagai sebuah disiplin berpikir sistemik (system thinking) dalam ilmu pengetahuan system.

Sedangkan pada tools digital dashboard adalah sebuah tools yang memberikan pandangan secara menyeluruh tentang sumber-sumber pengetahuan perusahaan / organisasi ke dalam sebuah computer. Digital dashboard juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan lebih baik serta dapat memberikan akses yang cepat ke dalam kunci sebuah informasi bisnis. Adapun manfaat yang dapat dilihat langsung dalam pemakaian tools digital dashboard ini adalah :

  1. dapat menampilkan informasi dalam bentuk digital
  2. dapat mengatur informasi bisnis penting dalam satu tempat, hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat
  3. dapat menampilkan informasi dalam bentuk grafik dan gambar sehingga lebih mudah dimengerti dan digunakan
  4. dapat memantau informasi secara lebih efisien.

Setiap bidang / industry menggunakan digital dashboard dengan cara yang berbeda, sesuai kebutuhan mereka, akan tetapi tujuannya secara umum tetap sama. Kaitannya dengan Management adalah dengan menggunakan tools ini dapat membantu dalam membuat suatu strategi bisnis dan pengambilan keputusan dengan melihat informasi yang dikumpulkan dari data yang ada dan tools ini dapat menyajikan keseluruhan informasi yang dibutuhkan.

Bila konsep system dinamis dikombinasikan dengan sebuah tools digital dashboard akan dapat mendukung dan mempermudah implikasi dalam sebuah penelitian yang menggunakan konsep system dinamis. Dimana dalam hal ini system dinamis dapat membantu pemecahan masalah secara sistemik, dan penyajian pemecahan masalah itu dibuat dengan menggunakan tools digital dashboard management.

Adapun contoh tampilan yang dapat disajikan dengan menggunakan digital dashboard management adalah sebagai berikut :

dashboard

Gambar diatas memberikan contoh pengaplikasian system dinamis yang di kombinasikan dengan digital dashboard management.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close