People Innovation Excellence

Workshop SEM (Structural Equation Model)

Penulis adalah salah satu mahasiswa Program Pendidikan Doktoral DRM di Binus University, angkatan 1, Salah satu program dari DRM adalah mengadakan workshop SEM yang berguna bagi penyelesaian Disertasi nantinya.

 

Dalam worskop kali ini di mentori oleh pakar SEM dari Universitas Indonesia yaitu Bapak Dr. Setyo Hari Wijayanto, yang telah mengarang buku SEM yang berjudul Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8: Konsep dan Tutorial, (2008) Graha Ilmu,Yogyakarta.

Workshop ini adalah event rutin yang diadakan sekali dalam setahun, dengan tujuan untuk membantu para mahasiswa S3 dalam menyelesaiakan permasalahan analisis Multivariat.

SEM-DRM1SEM-DRM2

 

SEM adalah suatu teknik modeling statistik yang bersifat sangat cross-sectional, linear dan umum, termasuk dalam SEM ini ialah:

  • Analisis faktor (Factor Analysis),
  • Analisis jalur (Path Analysis)
  • Regresi (Regression ).

Definisi berikutnya mengatakan bahwa  Structural Equation Modeling (SEM) merupakan teknik statistik yang digunakan untuk membangun dan menguji model statistik yang biasanya dalam bentuk model-model sebab akibat. SEM sebenarnya merupakan teknik hibrida yang meliputi aspek-aspek penegasan (confirmatory) dari analisis faktor, analisis jalur dan regresi yang dapat dianggap sebagai kasus khusus dalam SEM.

 

 

Salam

Haryadi Sarjono

Dosen Manajemen – SoBM

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close