People Innovation Excellence

Suatu Inspirasi Bagi Percepatan Perputaran Roda Perekonomian Nasional Melalui Kepariwitasaan

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perekonomian suatu masyarakat dan bangsa, baik di tingkat lokal maupun nasional dan bahkan di tingkat internasional atau global perlu senantiasa dikembangkan agar kemakmuran, harkat, dan martabat masyarakat dan bangsa yang berada di dalamnya dapat terus ditingkatkan.

Pada dasarnya, percepatan roda perekonomian masyarakat dan bangsa dapat digerakkan melalui pendekatan faktor pendorong (push factors) dan faktor penarik (pull factors). Masing-masing pendekatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Perlu diperhatikan disini, mengenai pentingnya pendekatan faktor penarik di dalam mempercepat roda perekonomian suatu masyarakat dan bangsa, khususnya dalam konteks masyarakat Indonesia yang kini tengah menghadapi krisis multidimensional berkepanjangan dan sekaligus tengah menjalani era otonomi daerah.

Setting atau penetapan masyarakat dan bangsa Indonesia yang memiliki karakteristik: jumlah penduduk sekitar 240 juta jiwa, dengan penyebaran  penduduk yang tidak merata dan terpusat di Pulau Jawa, dengan tingkat pendapatan yang relatif rendah dan kurang merata, dengan tingkat pengangguran yang relatif tinggi dan dengan tingkat pertumbuhan PDB yang relatif rendah, dengan komposisi etnik yang sangat pluralistik serta didominasi etnik Jawa, dengan budaya,  kepercayaan, dan bahasa yang sangat beragam, dan dengan letak geografis yang sangat luas dan bersifat kepulauan, serta dengan sumber daya alam (natural resources) yang sangat beragam dan melimpah, yang mana keseluruhannya ini mendudukkan kebutuhan akan pemukiman (settlement/re-settlement) dan kepariwisataan (tourism) sebagai faktor penarik bagi percepatan gerak roda perekonomian nasional. Sektor perumahan dan horeka (hotel, restoran, dan katering) adalah merupakan sektor hilir yang berfungsi sebagai penyangga kebutuhan di atas yang akan melahirkan spin-off (persebaran efek berangkai) bagi sektor-sektor industri lainnya, baik di sektor riil maupun sektor jasa lainnya, baik di bidang genetik, ekstraktif, manufaktur, jasa keuangan dan jasa non-keuangan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan klik link dibawah ini :

Suatu Inspirasi Bagi Percepatan Perputaran Roda Perekonomian Nasional Melalui Kepariwitasaan


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close