People Innovation Excellence

Seminar HAKI (HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL)

Senin, 01 Juli 2013 di Auditorium lantai 8, Kampus Anggrek, BINUS University

 

Senin, 01 Juli 2013, Haryadi Sarjono (SCC SoBM) dan beberapa dosen dari SoBM, ikut dalam seminar Internal yang mengambil tema tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang bertempat di Auditorium, lantai 8, Kampus Anggrek, BINUS University. Seminar ini selain diikuti oleh beberapa dosen SoBM, juga diikuti oleh banyak dosen dari jurusan lainnya.

Tema tentang HAKI memang sedang “in” sekarang ini, khususnya di kampus-kampus, dimana para dosen sebagai pendidik diwajibkan sebagai contoh bagi anak didiknya untuk bisa menghargai karya, ide, ciptaan orang lain, sehingga dimasa depan tingkat kejahatan plagiarism khususnya menjadi semakin minim.

 

Dalam diskusi ini yang dibawakan secara tunggal oleh Bapak Anindito (Intelectual Capital & International Publish Section Head) dari Research and Intellectual Property Directorate BINUS University menyoroti banyak hal, mulai dari : Various Forms of Intellectual Property, Copyright, Plagiarism, dan Trade Secret.

 

Khusus untuk PLAGIARISM, ada 6 hal penting yang oleh bapak Anindito, perlu untuk diketahui bersama, antara lain:

 

1.   Always state the source

2.   Use some but not all (fair use)

3.   Rephrase!

4.   Don’t quote from “shady” sources such as personal blogs

5.   Redraw diagrams if necessary

6.   Recycling papers = self-plagiasizm

 

Usulan yang menarik lainnya adalah perlunya lebih memahami bagaimana kita bersikap terhadap kolega kita yang melakukan hal ini, mengingat sanksi plagiarisme hanya bersifat himbauan saja bukan aturan yang bersifat tindak pidana. Ini bisa dilihat dari plagiarisme yang tidak dimasukan ke Undang-undang, tetapi hanya berupa Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.

 

 

Salam

Haryadi Sarjono

Dosen Manajemen – SoBM


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close