People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dewasa ini organisasi  semakin  menuntut kinerja yang tinggi  dan cukup menguras energi seseorang. Sebaliknya, semakin  mereka berusaha untuk memenuhi  dan mematuhi tuntutan kerja yang semakin tinggi , maka upaya  tersebut seolah semakin menjadi bumerang. Mereka  menjadi semakin lelah, mengalami kelesuan, dan bahkan pada akhirnya terkena sakit, sehingga mereka membutuhkan energi yang terbarukan. Dalam fase ini para pekerja perlu mengikuti pusat-pusat kebugaran untuk  memulihkan kebugaran  fisik, emosional, mental dan spiritual.  Dengan mengikuti pelatihan yang tampak sederhana  dapat  membantu para pekerja secara teratur mengisi kembali tangki energi mereka. Sesungguhnya organisasi  sendiri dapat membantu para pekerja untuk membangun ketahanan fisik, emosi, mental dan spiritual para pekerja. Yaitu dengan  mengambil istirahat singkat pada interval  waktu tertentu, mengurangi gangguan dan tegangan, dan menyediakan  waktu bagi  para  pekerja untuk  melakukan kegiatan terbaik, menyenangkan dan dapat dinikmati. Organisasi perlu membantu  para pekerja untuk secara sistematis meremajakan energi pribadi mereka, dan memperoleh manfaat langsung dari kegiatan tersebut sampai ke para pekerja di tingkat paling bawah.  Dari berbagai studi yang dilakukan kegiatan yang berkaitan dengan pemulihan energi ini dapat meningkatkan produktivitas kerja.  Terdapat 4 (empat) dimensi energi yang secara praktik perlu diperbaharui, dan keempat energi tersebut adalah : Energi Fisik, Energi Emosional, Energi Mental, dan Energi Spiritual.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close