People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Adanya kesediaan untuk menyisihkan waktu tertentu untuk melakukan hal tersebut akan mampu meningkatkan peluang keberhasilan. Begitu juga penjadwalan makan siang atau makan malam secara teratur dengan orang-orang yang bekerja untuknya, mengakui prestasi mereka dan  berbicara langsung dengan mereka tentang kehidupan dan aspirasi mereka, yang hal ini tidak mungkin terungkap saat jam-jam kerja.  Orang dapat menumbuhkan emosi positif  dengan belajar untuk terbuka  memberitahu  tentang siapa dirinya dan tentang peristiwa dalam kehidupan mereka. Seringkali dalam suasana konflik orang menempatkan diri mereka dalam peran sebagai korban, dengan menyalahkan orang lain atau keadaan eksternal dalam rangka menghindari masalah mereka. Perlunya menyadari perbedaan antara fakta dalam situasi tertentu dengan cara kita menafsirkan fakta-fakta tertentu akan menjadi faktor yang penting dalam memulihkan energi positif pada  diri sendiri.  Melalui catatan biografi, kita juga pernah membaca bagaimana sifat George Wasington yang memiliki temperamen pemarah, kemudian dia berusaha untuk mengembangkan kemampuan untuk mengelola energi emosinya, yang mudah marah dan naik darah. Kemarahannya kadang-kadang sampai meledak, namun situasi ini berlangsung cepat dan tidak berkepanjangan. Hampir segera sesudahnya ia akan memaafkan dirinya sendiri dan orang lain, dengan meminta maaf kepada siapa saja yang terkena akibatnya, untuk kemudian mengambil tindakan-tindakan untuk memperbaiki suasana ketidak-enakan yang telah diperbuatnya. Tidak seperti fikiran, emosi sulit berbohong. Salah satu bentuk strategi untuk belajar mengelola energi emosi adalah dengan:

  1. Akui dan rasakan emosi yang kita alami, jangan kita sangkal atau kita tekan;
  2. Dengarkan informasi  atau umpan balik dibalik emosi yang kita alami. Tanyakan pada diri sendiri, “prinsip, nilai, atau pendirian apa yang kita pertaruhkan untuk ini?; dan
  3. Arahkan, atau salurkan energi emosi menjadi tanggapan atau reaksi yang tepat dan konstruktif.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close