People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam kasus George Washington diatas terlihat bahwa energi itu harus dikenali dan diarahkan, dan hal ini dengan susah payah perlu diperjuangkan oleh George Washington. Dia berjanji pada diri sendiri untuk mengembangkan berbagai keterampilan – dengan memanfaatkan temperamen emosi dan kecerdasan emosinya – untuk menyalurkannya secara konstruktif dan mengendalikan dorongan agar tidak sering menjadi ledakan kemarahan. Kemudian ia memegang kaidah yang dianut sepanjang hidupnya, bahwa “setiap tindakan dalam suatu hubungan harus dilakukan dengan penuh rasa hormat kepada semua yang terlibat”.  Pada hakikatnya emosi merupakan sistem isyarat yang dirancang untuk membantu membebaskan kita agar menjadi orang sebaik mungkin. Yang perlu disadari adalah bahwa masing-masing dari kita hidup dalam arus informasi emosi dan impuls emosi, dan sebagian dari ekspresi emosi tersebut penting dan sesuai, namun sebagiannya lagi tidak. Kita dibenarkan untuk merasa cemas, khawatir, riang atau merasa iri, persoalannya adalah bagaimana hal tersebut diekspresikan dalam momen yang tepat. Suatu amarah muncul dengan tepat, ketika adanya sesuatu hak yang dilanggar, semangat yang ditekan atau kejujuran yang dibarengus.  Amarah bisa menjadi sumber tekad dan motivasi yang menggebu-gebu. Kemarahan yang muncul dari sikap peduli dapat berkembang menjadi perasaan empati, belas kasihan dan hormat, maka emosi pada tempatnya akan menjadi energi pembebas.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close