People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 13]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam hal ini, kita perlu melihat  sisi dunia dari perspektif sang korban. Dengan lensa terbalik ini, seseorang dapat membantu orang lain untuk mengolah emosi yang lebih positif.  Nicolas Babin, direktur komunikasi perusahaan  Sony Eropa, menyadari tentang produk baterainya yang tidak sukses di pasaran, dengan melakukan  penarikan kembali baterai tersebut di tahun 2006. Iaa sempat dirundung  kelelahan dan rasa putus asa. Setelah berlatih memperluas perspektif, ia menemukan cara dengan mendengar bisikan dari dirinya untuk memberdayakan  perannya. Kemudian ia menyadari, “bahwa peristiwa tersebut adalah kesempatan bagi saya untuk membangun hubungan yang lebih luwes dengan para wartawan  dan  menjadi mitra yang mudah diakses untuk meningkatkan kredibilitas Sony, dengan memberi penjelasan yang lebih spontan, terbuka dan jujur. ”

Disamping itu, dalam rangka mengembangkan energi positif,  kita perlu berjuang untuk lebih  berkonsentrasi, yaitu  menciptakan ritual untuk mengurangi interupsi tanpa henti.  Kita perlu keluar sejenak  dengan latihan dan membebaskan diri dari dampak  gangguan sehari-hari. Yang pertama harus dilakukan adalah meninggalkan meja dan pergi ke ruang konferensi, menjauhkan telepon dan e-mail, sehingga ia dapat beradaptasi dengan tugas yang membutuhkan konsentrasi.  Kebiasaan menjawab telepon setiap kali berdering, sering berakibat pada pergeseran jadwal pertemuan yang telah diagendakan, yang tadinya dirancang akan berlangsung  selama satu jam malah berlangsung menjadi dua jam, dan untuk itu kita perlu memasang voice-mail atau kotak pesan  dan memberi  perhatian penuh pada lawan bicara kita.  Kita dapat  menjawab akumulasi pesan voice-mail ketika  kita memiliki jeda waktu  diantara pertemuan. Kita juga dapat membuat jadwal untuk memeriksa e-mail kita dalam  durasi  hanya dua  kali  dalam sehari, misalnya hanya pada  jam 10:15  dan jam 14:30 saja. Kita juga dapat  mereset harapan semua orang yang biasa secara teratur berkomunikasi dengan kita melalui e-mail, dengan mengatakan kepada mereka, “hanya dalam keadaan darurat dan membutuhkan respon cepat, maka mereka dapat menghubungi saya dan saya memberikan sandi buat mereka”, katanya. Dengan mengatakan kepada tim kerja kita untuk memanggilnya jika keadaan darurat muncul,  mereka menjadi selektif menghubungi kita.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close