People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 14]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam rangka  memobilisasi energi mental maka kita harus  fokus pada kegiatan sistematik yang memiliki  pengaruh jangka panjang.  Kita akan merasakan manfaat dari energi mental kita  ketika pekerjaan dan kegiatan sehari-hari konsisten dengan apa yang kita  nilai paling penting, dan memiliki makna serta tujuan. Jika pekerjaan yang dilakukan benar-benar dirasakan penting oleh kita, maka biasanya kita merasa lebih memiliki banyak energi positif, lebih fokus, dan menunjukkan ketekunan yang lebih besar. Sayangnya, tuntutan dan tempo percepatan  kehidupan organisasi jarang memberikan  banyak waktu untuk memperhatikan masalah ini, dan  bahkan mereka tidak menyadari  arti makna dan tujuan sebagai sumber potensi energi. Untuk mengakses potensi energi mental manusia,  kita  perlu mengklarifikasi prioritas dan membangun cara  untuk melakukan langkah berikut, yakni:  pertama, mendorong para pekerja  untuk melakukan hal yang terbaik dan mampu menikmatinya di tempat kerja; kedua, mengalokasikan waktu dan energi untuk sisi diluar bidang kehidupan kita, diantaranya dengan bercengkrama dengan keluarga dan handai tolan.

Singkat kata, semuanya adalah energi. Sebagaimana  setiap not nada dan warna bergetar pada tingkat yang berbeda, begitu juga energi dalam semua ciptaan. Energi mengalir melalui tubuh kita dan semua bentuk materi. Setiap fikiran dan emosi memiliki getaran energi. Begitu juga hubungan keluarga, rumah tangga, bisnis, bahkan dalam lingkup masyarakat, bangsa dan negara. Kita mungkin tidak melihat energi dengan mata fisik kita, tetapi kita merasakannya, dan melihatnya dengan mata rohani kita. Melalui kesadaran spiritual, kita memiliki kekuatan untuk mengubah energi kita kapan saja, dan di mana saja kita pilih. Kita juga dapat mengubah energi dalam hubungan kita di rumah, bisnis, transaksi keuangan, dan dalam kegiatan apa pun ketika kita melakukan kontak dan berkomunikasi dengannya. Kita  memiliki kekuatan energi sebagai makhluk spiritual, dan kita mengambil tanggung jawab untuk melakukan kreasi dengannya dan dengan sadar memilih kegiatan apa untuk mewujudkan dalam kehidupan kita. Latihan energi spiritual dirancang untuk meningkatkan kesadaran tentang diri kita sebagai makhluk rohani dan secara sadar mendukung kegiatan kita serta mentransformasikan dinamika energi dalam kehidupan kita – termasuk dalam kehidupan berorganisasi  – untuk nilai  kebaikan tertinggi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close