People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 15 – Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam suatu organisasi,  upaya pembaharuan membutuhkan dukungan yang solid dan komitmen dari manajemen senior, yakni dimulai dengan pengambil keputusan kunci.  Diantaranya  adalah dengan membangun pola pembaharuan lebih teratur dalam kehidupan pekerjaan, serta memupuk semangat dan komitmen tim kerja melalui kepemimpinannya. Pada Sony Eropa, sejumlah besar pemimpin senior telah memeluk prinsip-prinsip manajemen energi. Dalam tahun-tahun berikutnya, lebih dari 2.000 laporan langsung mereka terima tentang keberhasilan  program pembaharuan energi. Program pembaharuan energi ini menjadi budaya yang semakin diterima di perusahaan Sony, yakni  mengambil istirahat sejenak, kemudian  berolahraga di tengah hari, menjawab e-mail hanya pada waktu yang telah ditetapkan, dan bahkan meminta rekan-rekan untuk mengekspresikan rasa marah atau tidak sabar berkenaan dengan diri mereka sendiri. Dukungan organisasi perlu diwujudkan kedalam pergeseran  kebijakan, praktik, dan pesan budaya. Sejumlah organisasi tengah  membangun “pembaharuan atmosfir” ini, dimana setiap orang secara teratur dapat pergi untuk bersantai dan mengisi bahan bakar. Bahkan dalam beberapa kasus, para pemimpin itu sendiri mengumpulkan para pekerja untuk latihan siang. Malah ada organisasi yang menerapkan zona larangan rapat diantara jam 8 dan 9 pagi untuk memastikan bahwa para pekerja setidaknya memiliki satu jam yang benar-benar bebas dari pertemuan. Pada beberapa perusahaan besar, termasuk Sony, pemimpin senior secara kolektif setuju untuk berhenti memeriksa e-mail selama pertemuan atau rapat berlangsung,  sebagai cara untuk membuat pertemuan lebih terfokus dan efisien.  Dengan demikian, organisasi dapat berinvestasi  di semua dimensi kehidupan mereka untuk membantu para pekerja membangun dan mempertahankan  nilai mereka. Sebaliknya, masing-masing pekerja akan merespon dengan sepenuh hati dan membawa seluruh energi multidimensi mereka untuk bekerja setiap hari.  Ketika kita  berjalan santai dan tidak  aktif berpikir, maka otak kanan kita akan diberi kesempatan oleh  otak kiri  – yang biasa mendominasi kita – untuk memberi jalan pada otak belahan kanan dengan kapasitas yang lebih besar untuk melihat gambaran lebih luas dan membuat lompatan imajinatif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close