People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 15]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ketika kita mencoba untuk menemukan apa  yang terbaik kita lakukan dan apa yang paling dinikmati, penting untuk menyadari bahwa kedua hal ini tidak perlu saling bertentangan. Adakalanya kita mendapatkan banyak umpan balik yang penting tentang sesuatu yang kita anggap baik, namun tidak benar-benar menikmatinya.  Sebaliknya, kita sangat menikmati atau mencitai   sesuatu pekerjaan, tetapi pekerjaan tersebut tidak begitu penting.  Untuk membantu para peserta program menemukan peta kekuatan mereka, kita bisa  meminta mereka untuk mengingat dan menemukan paling tidak dua pengalaman kerja di  masa lalu yang paling berkesan , yang menimbulkan perasaan yang efektif, mudah diserap, terinspirasi, dan terpenuhi. Kemudian kita meminta mereka untuk   merekonstruksi beberapa pengalaman, sehingga memahami secara tepat  energi positif apa yang  mereka miliki  serta  bakat spesifik apa yang dimiliki yang tergambar dalam rekonstruksi pengalaman ini. Begitu juga diungkap kapan kita merasa sangat bertanggung jawab dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam suatu usaha kreatif?  Salah seorang pemimpin senior dari suatu organisasi pernah mengatakan, bahwa salah satu kegiatan yang paling tidak disukainya adalah membaca dan meringkas rincian laporan penjualan, sedangkan kegiatan favoritnya  adalah melakukan brainstorming untuk mengembangkan strategi baru. Ketika ia menghabiskan waktu bersama keluarganya terungkap hal  penting baginya, memang ia belum  ahli bermain  PlayStation dengan putranya, akan tetapi kata putra bungsunya ” saya telah belajar dan mengalami kemajuan yang pesat”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close