People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Untuk membangun kebiasaan agar kita hidup dengan energi  yang terbarukan memang tidak mudah. Setiap hari kita didera dengan beragam kesibukan sehingga merasa bahwa waktu kita tidak pernah cukup, padahal yang perlu kita kelola  pada saat ini bukan hanya waktu, tetapi juga energi sebagai bahan bakar dalam melaksanakan aktivitas pekerjaan.  Banyak  para pekerja yang tersita waktunya untuk bekerja, sehingga sulit  baginya untuk  terlibat dengan keluarganya di malam hari, yang  membuat dirinya merasa bersalah dan tidak puas. Tidurnyapun tidak pernah nyenyak, dan tidak ada waktu untuk berolahraga, begitu pula  jarang makan makanan yang  sehat,  yang mereka temukan  adalah makanan  di jalanan  atau  yang sudah tersedia  di meja kerjanya saat mereka memiliki sedikit waktu rehat.  Sebagian besar dari waktu kita tersita untuk menanggapi tuntutan di tempat kerja dengan memberi porsi  jam yang  lebih lama, yang menguras energi secara fisik, mental,  emosional dan spiritual. Hal tersebut juga berpengaruh  pada  peningkatan tingkat gangguan, tingkat turnover, dan meningkatnya biaya medik bagi para pekerja. Pertanyaannya adalah, bagaimana agar para eksekutif dalam organisasi secara konsisten terdorong untuk menjaga energinya dan semakin merasakan bahwa  mereka berada pada titik puncak prestasi dan kebahagiaannya. Jika solusi utamanya adalah dengan bekerja lebih lama, maka  waktu adalah   sumber daya yang terbatas. Berbeda dengan waktu, energi adalah entitas  yang bersumber  dari empat mata air utama pada manusia, yaitu: tubuh, pikiran, emosi dan jiwa. Dalam fungsinya masing-masing, secara  sistematis energi dapat diperluas dan diperbaharui secara teratur dengan melakukan latihan perilaku teratur yang sengaja dilakukan dan tepat jadwal, dengan tujuan agar mereka sadar dan secara otomatis dapat bereakasi secepat mungkin dengan penggunaan energi yang sudah terlatih. Secara otomatis energi mereka sudah terenergisasi sehingga mereka termotivasi dan mampu membawakan  diri mereka sendiri untuk bekerja setiap hari dengan efektif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close