People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebanyakan organisasi berskala besar telah berinvestasi dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi para pekerja. Sangat sedikit organisasi yang memberikan bantuan untuk membangun dan mempertahankan  kapasitas energi para pekerja. Padahal dari sudut para pekerja sendiri, mereka mengakui bahwa  program pemulihan energi seperti ini mempengaruhi mereka secara individual. Enam puluh delapan persen melaporkan bahwa program ini  memiliki dampak positif terhadap hubungan mereka dengan para klien atau pelanggan. Tujuh puluh satu persen para peserta mengatakan bahwa program ini  memiliki dampak positif yang nyata  pada produktivitas dan kinerja mereka. Temuan ini menguatkan  bukti  tentang efektivitas program terhadap para pemimpin di perusahaan  besar seperti yang telah dijalankan  di Ernst & Young, Sony, Deutsche Bank, Nokia, ING Direct, Ford, dan MasterCard.

Tentu saja program ini dimulai dengan berfokus pada energi fisik. Problem para pekerja sebagian besar  berkisar diseputar  nutrisi yang tidak memadai, kurang olahraga,kurang tidur, dan kurangnya istirahat yang menguras energi, sehingga kemampuan untuk mengelola emosi dan konsentrasi menjadi berkurang. Meskipun demikian, banyak diantara para eksekutif yang belum mampu melakukan cara  berlatih seperti ini secara konsisten.  Dengan demikian program ini dimulai dengan mengeksplorasi cara untuk meningkatkan energi fisik, dengan cara melakukan semacam audit energi, yang mengungkap  stamina energi  di empat sumber utama, yakni  tubuh, emosi, pikiran, dan jiwa. Dari audit energi fisik ini, banyak dari para peserta yang  melewatkan sarapan pagi, gagal menyampaikan penghargaan kepada orang lain, kurang konsentrasi dan  fokus pada suatu hal tertentu, atau hanya punya waktu yang terlalu sedikit bagi kegiatan yang memberi mereka rasa hidup bertujuan. Pendeknya, dari audit ini diperoleh juga petunjuk tentang adanya defisit energi yang cukup mengkhawatirkan yang menghinggapi para pekerja. Dengan demikian para peserta perlu mengikuti laju grafik yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran  tentang bagaimana mereka latihan, diet,  cara dan praktek tidur yang mempengaruhi tingkat energi mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close