People Innovation Excellence

ENERGI INDIVIDUAL DAN KINERJA ORGANISASI [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi ritual untuk membangun dan memperbaharui energi fisik mereka. Sebagai contoh, Gary Faro, seorang wakil presiden di perusahaan Wachovia, yang baru mulai mengikuti program ini, tengah mengalami kelebihan berat badan, nutrisi dan pola makan yang buruk, kurang gerak badan rutin dan  berkala, bekerja berjam-jam, dan biasanya tidur tidak lebih dari lima atau enam jam dalam semalam. Mungkin ini bukan profil biasa bagi  pemimpin atau manajer yang sering kita lihat. Mengawali  program ini,  Faro mulai dengan latihan kardiovaskular dengan disiplin yang teratur. Dia mulai  tidur dengan waktu yang telah ditentukan, mengubah kebiasaan makannya, dari dua kali makan besar sehari sampai terasa kenyang, dengan  mulai pola makan dengan porsi kecil atau  makan ringan setiap tiga jam. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membantu dia menstabilkan kadar glukosanya sepanjang hari. Selain itu,   Faro mulai pula melakukan latihan ritual kunci  untuk mengambil istirahat singkat tetapi teratur pada interval tertentu sepanjang hari kerja, dengan meninggalkan meja kerjanya. Melalui latihan ini, tubuh kita yang selama ini perlahan-lahan bergerak dari keadaan energi tinggi ke arah keseimbangan fisiologis. Dalam  setiap siklus energi yang meninggi, tubuh  sebenarnya mendambakan masa pemulihan. Biasanya tubuh memberikan sinyal dengan kegelisahan fisik, menguap, lapar,  dan sulit berkonsentrasi, akan tetapi banyak dari kita sering mengabaikan sinyal ini, dan  terus memaksakan bekerja. Konsekuensinya adalah bahwa energi kita mengalami  reservoir dan terbakar habis terpakai.  Istirahat dengan pola teratur untuk pembaharuan – berdasarkan hasil temuan – telah menghasilkan kinerja yang lebih tinggi dan lebih berkelanjutan. Tentu saja lamanya proses  pembaharuan tidak begitu penting  dibanding kualitas. Hal terpenting adalah memanfaatkan tersedianya waktu untuk pemulihan, meskipun dengan sedikit waktu, namun terlibat secara total dalam ritual pemulihan untuk melepaskan diri dari sumpeknya pekerjaan sejenak, dan bisa berbincang dengan  rekan kerja tentang sesuatu perbincangan yang ringan selain pembicaraan yang bertema pekerjaan, atau mendengarkan dan menikmati musik dari iPod, sambil  berjalan naik turun tangga di  gedung perkantoran kita.  Para pekerja yang berpartisipasi dalam program pembaharuan energi terbukti mengungguli  kelompok kontrol atau pembanding dari para pekerja, yakni terjadinya perbaikan secara signifikan  dalam kinerja dari tahun ke tahun selama mereka bekerja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close