People Innovation Excellence

TANTANGAN KEPEMIMPINAN GlOBAL-NET [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Studi kepemimpinan akan semakin kolaboratif karena justru kompleksitas masalahnya  hanya bisa diselesaikan dengan multi perspektif pikiran secara bekerja sama. Berbagai  disiplin ilmu yang ada harus berkontribusi jika konsep kepemimpinan modern hendak dibangun dengan baik, dan tentunya ini berkaitan dengan aspek komunikasi. Salah satu aspek kepemimpinan yang sering dilupakan adalah bahwa melaksanakan seni kepemimpinan hampir sama dengan melaksanakan seni pertunjukan. Artinya, seorang pemimpin harus memiliki visi bahwa mereka mampu menyampaikan gagasan dan berbagi dengan para pengikut mereka, dan oleh karena itu retorika merupakan bagian dari seni kepemimpinan. Meskipun Presiden George W. Bush tidak dikagumi sebagai orator yang mempesona, akan tetapi adakalanya ia seorang yang ahli dalam hal retorika ini. Di masa kritis Perang Dunia ke II, meskipun Churchill bukan seekor singa, namun dia harus belajar dan mencoba untuk mengaum seperti itu. Dengan demikian, para ahli lain yang harus menjadi bagian dari kerjasama adalah mereka yang mendalami tentang media dan komunikasi. Dewasa ini  pemimpin publik hampir jarang berinteraksi dengan para pengikutnya secara langsung, dimana hubungan antara pemimpin dan pengikut menjadi tersaring melalui media. Media telah tumbuh sedemikian pesat, dan para pemimpin perlu memahami bagaimana media bekerja dan membentuk persepsi para pengikutnya, dan hal ini sangat penting untuk mengetahui situasi dan kondisi di lapangan. Tentunya  pesan yang diakses lewat  Blackberry akan diinterpretasi berbeda ketimbang  pesan yang dibaca melalui halaman Kompas. Begitu juga pengikut dari generasi muda, lebih banyak  dibanjiri oleh gambar yang lebih bersifat visual daripada generasi sebelumnya,  yang telah menghabiskan setengah waktu dari hidupnya melalui media visual dan televisi, sehingga penting  membahas suatu tema cerita berkenaan dengan popularitas dan elektabilitas kepemimpinan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close