People Innovation Excellence

TANTANGAN KEPEMIMPINAN GlOBAL-NET [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin media modern adalah elemen kunci dalam penciptaan dan distribusi cerita-cerita, dan para pemilik media memahami kepemimpinan modern  harus memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang media-media tersebut, dengan segala bias persepsi dalam menjalankan seni kekuasaan mereka. Namun demikian, meskipun  kita telah memiliki komunikasi global yang instan, kita tidak memiliki jaminan akan terjadinya pemahaman yang seragam. Dengan demikian cita-rasa kepemimpinan, seperti juga suatu hidangan masakan, akan memiliki cita-rasa yang khas dari  budaya yang satu  ke budaya yang lain. Oleh karena itu para pakar perlu  mulai mengamati dan menguasai cara-cara kepemimpinan yang berbeda bagi kemajemukan budaya.

Disamping itu, adaptasi atau ketahanan adalah kualitas yang paling penting dalam kepemimpinan. Amerika Serikat termasuk para pelaku bisnisnya, harus membuang jauh “ganjalan-hati” masa lalu untuk berkolaborasi dengan negara dan pengusaha Cina modern. Paling tidak semua pemimpin adaptif  yang memiliki ketahanan perlu mengembangkan enam kompetensi utama, yakni: (1) mereka perlu menciptakan rasa misi bersama; (2) mereka mampu memotivasi orang lain untuk bergabung dengan misi tersebut; (3) mereka mampu menciptakan sebuah arsitektur sosial adaptif bagi para pengikut mereka; (4) mereka mampu menghasilkan kepercayaan dan optimisme; (5) mereka mampu mengembangkan pemimpin lainnya; dan (6) mereka mendapatkan hasilnya. Sebaliknya, para pemimpin dunia tengah  menghadapi tiga ancaman paling penting yang tengah dihadapi dunia saat ini adalah: (a) bencana nuklir atau biologi, baik disengaja atau tidak disengaja; (b) epidemi di seluruh dunia; dan (c) determinasi dan diskrimninasi ras, kesukuan dan agama. Tanpa keteladanan kepemimpinan, maka memecahkan ketiga masalah tersebut akan menjadi mustahil.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close