People Innovation Excellence

TANTANGAN KEPEMIMPINAN GlOBAL-NET [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Memahami trend dan kondisi saat ini  dan bagaimana selanjutnya merumuskan suatu strategi untuk  memanfaatkan peluang dan kesempatan dari kondisi dan situasi yang ada merupakan tujuan utama kita. Kita perlu melakukan segala sesuatunya secara seimbang, yaitu terbuka untuk belajar, membaca, dan melek dunia, dan kemudian melakukan pekerjaan untuk beradaptasi dengan perubahan yang kompetitif,menghadapi kompleksitas intelektual dan budaya, dan jika tidak,  kita yang akan dserang terlebih dahulu entah dari rusuk  sebelah mana. Dengan demikian, para pemimpin harus meluangkan waktu untuk tetap sadar akan trend terbaru berikut dampaknya. Hal ini tentunya memerlukan disiplin melakukan  “treadmill” yang mengkaji masalah operasional sehari-hari dan melihat lebih jauh  ke masa depan dan bahkan ke seantero dunia. Para pemimpin perlu memperluas  perspektif  dan  visi periferal,  diantaranya dengan menyimak laporan  media yang meliput peristiwa saat ini sebagai sumber yang mengeksplorasi dinamika fundamental dan kebijakan yang berkontribusi terhadap suatu masalah dalam rangka  meningkatkan pemahaman kita  tentang trend, fenomena dan isu-isu yang berkembang.

Dengan demikian respon organisasional efektif yang perlu dikembangkan adalah, meningkatkan kesadaran – bagi kita dan rekan kerja – tentang  trend global dan implikasinya. Fokus terhadap  masa depan, yaitu berupaya mengembangkan visi periferal kita kedalam wawasan global. Meluangkan waktu untuk membaca buku-buku bermutu yang berpandangan  luas –  seperti karya Thomas Friedman tentang  World is Flat, serta memanfaatkan penggunaan  internet dan berkomunikasi dengan orang-orang yang menggunakannya. Menyadari trend dan implikasi global, akan melibatkan para pemimpin  untuk mengembangkan suatu rencana  – baik secara individual maupun organisasional – untuk mengatasi trend dan implikasi sebagai bagian  dari rencana strategik kita. Sehingga muncul gagasan antisipatif – bukan reaktif – tentang bagaimana implikasi masa depan yang akan ditangani? Bagaimana para pemimpin memperoleh dan mengembangkan pola pikir, pengetahuan, pengalaman dan kompetensi untuk sukses di masa depan? Setelah itu, dapatkan komitmen dari seluruh pelaku organisasi untuk melaksanakan rencana pengembangan, baik secara individual maupun organisasional. Kemudian jadikan hal ini sebagai prioritas yang sama pentingnya dengan  aspek keuangan, SDM, operasi, pemasaran berikut pelayanan sejalan dengan tujuan operasional yang akan dicapai.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close