People Innovation Excellence

TANTANGAN KEPEMIMPINAN GlOBAL-NET [Bagian 8 – Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berbicara tentang energi, pada  umumnya kita membagi dua hal untuk  memahami konstruksi energi ini. Pertama, adalah  energi   katabolik berupa energi yang bersifat destruktif; dan kedua, adalah energi  anabolik  berupa energi regeneratif yang bersifat  memperluas dan  konstruktif. Energi katabolik dan anabolik adalah bagian dari proses biologik yang alami. Proses ini biasanya dipicu oleh persepsi kita tentang peristiwa, sehingga mempengaruhi kerja hormonal di dalam tubuh kita. Memahami energi dan hubungannya dengan persepsi  atau kesadaran kita dapat menghasilkan konsepsi yang kuat tentang kepemimpinan. Begitu pula energi juga berkaitan dengan empat kuadran yang ada pada setiap manusia, yakni aspek spiritual, psikologik, emosional, dan perilaku. Semua kuadran tersebut harus ditangani secara holistik untuk menciptakan hasil yang berkelanjutan.

Adanya pemahaman tentang energi  akan meningkatkan pemahaman kita tentang pengkondisian manusia dan metodologi untuk mengubah perilakunya. Membangun kepemimpinan berbasis energi dapat menyediakan model prediktif  yang akan membantu  memahami tingkat kesadaran diri seseorang. Melalui model  ini, seorang pelatih dapat membantu para peserta didik secara dramatik  untuk meningkatkan kesadaran mereka, memahami inti dari persepsi mereka, keyakinan, dan perilaku, serta menginspirasi  mereka agar mengetahui bagaimana membuat perubahan substansial dan berkelanjutan, agar terlahir seorang pemimpin masa depan yang berhasil. Dengan demikian, dalam meneropong berbagai lingkungan global baik berupa ancaman  maupun peluang sejalan dengan trend yang berkembang, para pemimpin seyogyanya tidak melupakan keseimbangan kemampuan dirinya, baik secara fisik maupun mental, jasmani dan rohani serta menjaga keselarasan energi psikodinamikanya, sehingga tanggap, prima dan cerdas dalam menaggapi berbagai tantangan kepemimpinan dalam kancah global-net.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close