People Innovation Excellence

Pendekatan Terpadu Untuk Mengelola Inovasi [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1

Inovasi adalah inti kompetensi bisnis di abad 21. Bukan  hanya untuk mampu bersaing dan tumbuh, terlebih lagi adalah untuk bertahan hidup dalam situasi ekonomi global, itulah sehingga bisnis perlu berinovasi.   Dengan   meningkatnya persaingan di pasar global, inovasi mulai memainkan peran utama untuk menembus pasar baru, mempertahankan    pangsa pasar yang sudah    ada dan untuk meningkatkan  keunggulan kompetitif  perusahaan. Dalam konteks ini, inovasi telah diterima sebagai elemen penting dari strategi bisnis  perusahaan, dimana  inovasi telah menjadi kontributor penting bagi pemenangan persaingan. Dengan demikian wajar jika manajemen inovasi telah menjadi  fokus utama  dari penelitian akademik dan industri secara  intensif dalam rangka mengatasi berbagai problematika  bisnis yang tengah dihadapi oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam persaingan global (Drucker, 1985; Hitt et al, 2001;. Kuratko et al. , 2005).   Dewasa ini, tujuan dari inovasi tidak hanya untuk mengurangi biaya semata, akan tetapi merupakan  alasan  untuk  peningkatan kualitas produk dan pelayanan,  merancang  produk  yang    lebih  baik,  daur  hidup  produk  yang  lebih panjang, dan  merespon kebutuhan dan tuntutan pelanggan.  Disamping itu, inovasi dilakukan   untuk   mengembangkan produk dan pelayanan baru , model organisasi yang baru dan teknik pemasaran baru. Dari berbagai   literatur, beberapa hasil penelitian menganjurkan bahwa perusahaan modern perlu untuk  lebih inovatif agar dapat bersaing lebih baik di pasar mereka (Evangelista et al. 1998). Dalam hal ini, biasanya daya saing perusahaan  diukur dengan  kinerja keuangan. Persaingan global memaksa perusahaan untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan kemampuan teknologi. Mengingat tujuan tersebut, perusahaan perlu merekayasa struktur organisasi dan pekerjaan mereka,    meningkatkan kompetensi inti, mengembangkan struktur baru untuk merespon  kondisi pasar baru dan permintaan pelanggan, serta menetapkan  pasar yang berbeda, meningkatkan jalinan  kolaborasi dengan perusahaan lain, dan menanamkan investasi untuk inovasi (Ulusoy et al.,1999).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close