People Innovation Excellence

Pendekatan Terpadu Untuk Mengelola Inovasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam  menghadapi  kompetisi  ini,  beberapa  perusahaan  mencoba  untuk menerapkan berbagai strategi yang berbeda dengan para pesaing mereka, terutama dalam memantapkan  posisi mereka sebagai yang paling inovatif, sebagai produsen yang paling hemat biaya, dan sebagai   perusahaan yang paling responsif terhadap perubahan pasar. Perusahaan yang memposisikan diri sebagai salah satu yang paling inovatif di pasar, akan berjuang untuk mengetahui kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi   dengan   mengembangkan produk dan pelayanan baru guna memenuhi kebutuhan ini. Beberapa perusahaan ternyata lebih unggul dari yang lain dalam mencapai tujuan ini karena berbagai faktor internal dan eksternal yang mereka hadapi. Diantara faktor   terpenting   tersebut     adalah   kemampuannya untuk melakukan   inovasi, yang dalam konteks ini   telah dikembangkan   suatu   model inovasi  yang komprehensif dan terpadu sebagaimana terlihat pada gambar dibawah ini.

Selama  ini  inovasi  lebih  sering  dikaitkan  dengan    proses  pengembangan produk baru semata. Karenanya kita perlu     mengembangkan pendekatan komprehensif baru untuk mengelola inovasi dalam bisnis dan memperkenalkan inovasi kerangka terpadu – suatu pendekatan menyeluruh yang mencakup inovasi manajemen – yang melampaui inovasi produk. Konsep tersebut merupakan kerangka relevan untuk semua jenis bisnis terlepas dari sektor dan skala bisnisnya.

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Project Leaders International Innovation (2010)

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close