People Innovation Excellence

Pendekatan Terpadu Untuk Mengelola Inovasi [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagaimana proses bisnis inti lainnya, suatu inovasi terbaik perlu dikelola melalui beberapa jenis platform atau aplikasi. Sebuah alat berbasis web harus tersedia di mana saja, kapan saja dan harus cepat dan mudah digunakan. Suatu perangkat inovasi dapat dikategorikan kedalam dua jenis perangkat yang berbeda, yaitu tersedianya skema penyampaian saran elektronik dan tersedianya sistem manajemen pengendalian proses inovasi secara keseluruhan untuk mengimplementasikan suatu ide. Setiap sistem manajemen inovasi harus menggambarkan visibilitas manajemen eksekutif dan terselenggaranya kontrol atas proses inovasi dan tumbuhnya keyakinan bahwa praktik dan alat yang tersedia adalah yang terbaik dan teknik yang digunakan adalah yang paling tepat dan diterapkan secara konsisten di seluruh lapisan organisasi. Sutu platform harus memfasilitasi pembelajaran lintas fungsional yang efektif sebagai fitur inti. Berdasarkan pengalaman dan penelitian, bahwa salah satu faktor terpenting dalam menumbuhkan budaya inovasi dalam setiap perusahaan adalah dimilikinya pemimpin dan tim kerja dengan kemampuan dan komitmen. Seorang manajer puncak harus memahami dan menjaga arah strategik dari suatu platform inovasi, diantaranya harus mampu memotivasi orang lain. Dengan kata lain, menciptakan budaya inovasi yang berkelanjutan memerlukan kepemimpinan dan komitmen dari dewan direksi dan tim kerja manajemen puncak, dan ini adalah prasyarat yang diperlukan untuk sukses. Hal Ini juga membutuhkan agen dan tim kerja inovasi di seluruh lapisan organisasi. Para manajer perlu terus-menerus menyadari bahwa mereka adalah bagian dari bisnis dan senantiasa bertanya pada diri sendiri tentang, yakni:
• Apa hambatan untuk menjadi diri yang kreatif dan inovatif?
• Apakah ada pihak lain yang bertanya tentang ide-ide kita?
• Apakah para staf mengetahui tentang kebutuhan untuk ide-ide dan inovasi?
• Apakah setiap individu telah dihargai untuk ide-ide dan kontribusi mereka?
Dengan demikian, jika tidak ada batasan dan struktur untuk berlangsungnya proses inovasi, maka kepercayaan dari para staf dan manajer adalah taruhannya. Organisasi yang benar-benar memahami tentang ide dan inovasi tentunya akan berinvestasi untuk organisasi mereka dengan memastikan bahwa fasilitas, peralatan, waktu dan sumber daya yang terorganisasikan akan disediakan untuk membantu ide-ide dan inovasi tersebut. Berbagai fasilitator akan diberikan untuk membantu proses inovasi berkembang dalam setiap pertemuan bisnis, atau menyediakan ‘ruangan yang tenang dan nyaman’ bagi setiap orang untuk memikirkan ide-ide, atau menyediakan ruang ‘rehat kopi’ informal, dimana setiap pekerja dari departemen yang berbeda dapat bersosialisasi bersama-sama untuk istirahat sejenak dan melakukan chatting. Tersedia berbagai cara dimana staf dan manajemen dapat melakukan sesuatu yang berbeda dan didorong untuk menyuarakan ide-ide mereka. Namun untuk menciptakan iklim demikian sering bertentangan dengan rancangan pekerjaan dan kebiasaan organisasi yang telah lama dijalankan. Kesemua hal ini adalah tanggung jawab manajemen kunci, dan sejauh mana para manajer mampu ‘mengaudit’ organisasi mereka dan menselaraskan manajemen mereka dengan arah yang inovatif. Suatu kinerja inovatif, seperti disiplin bisnis inti lainnya, harus mampu menciptakan proses inovasi dan menginstal budaya inovasi yang dikelola dan diukur secara berkelanjutan. Setiap pertemuan mingguan atau bulanan perlu berfokus pada kemajuan dan kinerja bisnis, sehingga suatu ide dapat terimplementasi dengan baik. Dengan demikian, kajian terhadap kinerja inovasi sekaligus isu kritikal yang diangkat dalam setiap pertemuan harus mendorong dan menginformasikan proses perencanaan berikutnya dan review terhadap suatu
strategi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close