People Innovation Excellence

Pendekatan Terpadu Untuk Mengelola Inovasi [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu kinerja harus dikaitkan dengan langkah-langkah strategikal dan indikator kinerja utama. Frekuensi pengukuran kinerja yang dilakukan akan bergantung pada sejauh mana pentingnya inovasi terhadap kinerja bisnis secara keseluruhan. Pengukuran kinerja sangat erat terkait dengan platform inovasi yang digunakan oleh organisasi. Dengan demikian seorang manajer harus memberikan informasi secara real time tentang bagaimana kemajuan suatu inovasi berlangsung dan kaitannya dengan indikator kinerja utama yang dipilih. Suatu kerangka inovasi terpadu adalah proses bisnis inti dan disiplin yang teramat penting bagi keberhasilan dan pertumbuhan bisnis untuk organisasi di abad ke 21, sebagai upaya terpadu dalam mengadopsi dan mengelola inovasi. Suatu strategi bisnis yang jelas akan mengintegrasikan inovasi tepat di jantung organisasi, dan hal tersebut dapat dikombinasikan dengan operasi bisnis yang produktif yang memungkinkan inovasi berkembang dan memberi kesempatan yang lebih besar bagi organisasi untuk berhasil. Pendekatan terpadu juga mengandung arti bahwa setiap individu harus bertanggung jawab dalam proses inovasi di suatu organisasi. Dalam dua dekade terakhir ini kita tengah menyaksikan tumbuhnya jumlah manajer ICT atau TIK dalam organisasi berskala besar untuk mengelola dan mengontrol banyaknya sistem dan perangkat lunak yang digunakan. Peran mereka dipandang sebagai inti untuk menjalankan fungsi bisnis dan operasi dalam menggantikan fungsi papan tulis. Dalam ekonomi global di abad ke-21, harus ada inovasi dalam kepemimpinan puncak berupa jabatan direktur Ide yang memimpin dan mengelola proses inovasi dalam bisnis. Untuk organisasi berskala besar hal tersebut akan menjadi indikator apakah suatu bisnis benar-benar memiliki komitmen terhadap inovasi dan telah mengadopsikannya kedalam budaya inovasi. Untuk memetik manfaat dari proses inovasi, kita harus menggunakan teknik dan alat praktik terbaik serta memantau terus menerus, baik dari sisi input maupun output proses inovasi manajemen sehingga dapat memahami manfaat dari inovasi yang kita jalankan. Dengan menggunakan kerangka inovasi yang terintegrasi, sedikit demi sedikit setiap individu akan mulai memahami bahwa suatu inovasi akan membentang melampaui pengembangan produk baru. Hanya dengan menggunakan kerangka inovasi yang terintegrasi, suatu organisasi akan mampu bersaing di panggung dunia dan benar-benar akan menjadi sukses dalam persaingan ekonomi global.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close