People Innovation Excellence

Pendekatan Terpadu Untuk Mengelola Inovasi [Bagian 9 – Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Last but not least, suatu inovasi dapat dihasilkan dengan cara yang berbeda. Inovasi bisa tercipta melalui ide-ide para pengusaha atau investor, serta didasarkan pada penemuan atau ilmu pengetahuan baru. Inovasi juga bisa merupakan hasil dari pekerjaan perbaikan. Proses inovasi berkelanjutan sering berbeda dari inovasi konvensional terutama dalam tujuan dan arahnya. Sedangkan inovasi yang dimaksudkan dalam konteks ini adalah untuk meningkatkan kinerja bisnis, merangsang pertumbuhan industri dan pertumbuhan perusahaan, sekaligus teintegrasi dengan pertumbuhan ekonomi, lingkungan dan kepedulian sosial (CSR). Dalam kerangka kerja saat ini, sulit bagi kita untuk menyesuaikan inovasi berkelanjutan dan hasil-hasil yang dicapainya sebagai suatu kesatuan. Beberapa faktor penting untuk meningkatkan integrasi berkelanjutan dalam proses inovasi
adalah meningkatkan pemahaman, motivasi, dan komitmen dari pihak manajemen dan para pekerja yang terlibat. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menambah pengetahuan yang lebih baik tentang kebutuhan untuk inovasi berkelanjutan dan manfaat yang dapat diperolehnya. Dalam kasus bisnis misalnya, manfaat tersebut seyogyanya dirasakan pada peningkatan penjualan atau peningkatan efisiensi menuju daya saing yang lebih tinggi. Kurangnya waktu yang tersedia adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi keseluruhan upaya ini. Dengan demikian, diperlukan solusi atau resolusi untuk memfasilitasi proses inovasi terpadu berkelanjutan dalam organisasi saat ini. Bagaimanapun, perusahaan yang sukses perlu menjaga dan mengembangkan kompetensi mereka. Semua aktor yang terlibat dalam proses inovasi harus memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang kebutuhan akan inovasi terpadu, dan terciptanya solusi atau resolusi inovatif yang lebih berkelanjutan, yang perlu didukung oleh visi, para pelaku bisnis, dan anggaran yang memadai.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close