People Innovation Excellence

Manajemen Talenta [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Manajemen talenta  adalah evolusi alami dari  manajemen human resources yang berkembang sebelumnya, sebagai konsekuensi dari meningkatnya fleksibilitas dan kinerja organisasi serta menyediakan alat dan  informasi bagi rencana program pengembangan, perubahan, akuisisi, dan pengembangan produk baru. Dalam manajemen talenta, suatu program pelatihan tidak dapat terpisah seperti sebuah pulau, dan program pelatihan harus dikembangkan serta diperbarui secara terus-menerus untuk mengatasi masalah yang muncul dalam proses manajemen kinerja. Para pekerja baru perlu memiliki kompetensi tertentu dan mengikuti serangkaian  pelatihan untuk melengkapi dan memperkuat kompetensi yang telah dimiliki, sekaligus dibarengi dengan program kompensasi yang terikat dengan proses manajemen kinerja. Manajemen talenta  adalah merupakan kecenderungan kuat yang terpenting saat ini, yang  mengubah cara kita mengorganisir, menggunakan teknologi, dan mengalokasikan sumber daya, serta bagaimana kita mengukur apa yang kita kerjakan. Disamping itu, kita dituntut untuk mengintegrasikan program pembelajaran dengan manajemen kinerja organisasi. Dengan demikian peran baru dari manajemen SDM meliputi learning & development, manajemen kompetensi dan kinerja, dan melaksanakan fungsi perencanaan suksesi, dan hal ini merupakan evolusi penting tentang bagaimana organisasi HR dijalankan.

Talenta dapat didefinisikan sebagai “suatu pola berulang dari pikiran, perasaan atau perilaku yang dapat diterapkan secara produktif. Talenta  adalah perilaku, dan sebagian besar dari kita percaya bahwa talenta bersifat bawaan alami sejak lahir, namun sebagian besar orang lagi  percaya bahwa talenta dapat diarahkan dan dikembangkan melalui pengalaman. Dalam konteks pengelolaan  organisasi, talenta dapat digambarkan sebagai kombinasi dari empat kapasitas intrinsik dalam diri  individu, yaitu kemampuan untuk berpikir (kecerdasan konseptual), kapasitas untuk belajar (learning quotient), kapasitas untuk berhubungan (relationship quotient) dan kapasitas untuk bertindak (action quotient). Selain itu, talenta merupakan bagian  untuk dilakukannya manajemen perubahan dan berkontribusi terhadap budaya organisasi. Setiap organisasi menyediakan kesempatan bagi setiap individu ruang  untuk mewujudkan talenta mereka sebagai kinerja untuk mencapai visi individu dan organisasi. Dengan demikian, manajemen talenta dapat didefinisikan sebagai penerapan strategi terpadu atau sistem yang dirancang untuk merekrut, mengembangkan dan mempertahankan sejumlah orang dengan keterampilan yang diperlukan dengan sejumlah talentanya untuk memenuhi kebutuhan organisasi pada saat ini dan masa depan. Tujuan dari sistem manajemen talenta adalah untuk menemukan talenta yang tepat, mengkonversi talenta tersebut dengan menyediakan peluang perkembangan yang tepat, sehingga mereka terbantu untuk mengambil posisi kunci dalam organisasi. Dengan kata lain, manajemen talenta dapat membantu  mempertahankan talenta yang tepat. Manajemen talenta dipandang sebagai pendekatan strategik  dalam pengelolaan sumber daya manusia di seluruh siklus karir: mulai dari merekrut, mempertahankan, mengembangkan dan menempatkan hal tersebut sebagai  aset yang paling penting.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close