People Innovation Excellence

Manajemen Talenta [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam skenario ekonomi saat ini, untuk mencapai tujuan prestasi keuangan biasanya dilakukan suatu penghematan jangka pendek, pertumbuhan pasar baru, aliran produk dan pelayanan yang inovatif secara terus menerus, serta meningkatkan  keunggulan kompetitif. Talenta adalah  pendorong penting bagi efektivitas suatu operasi, dimana biaya tenaga kerja merupakan komponen terbesar dari biaya operasional di banyak organisasi. Dengan demikian, manajemen talenta yang efektif merupakan prasyarat mendasar  guna mencapai tujuan tersebut. Dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan akan perubahan, maka sistem manajemen SDM telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Secara tradisional, pengembangan sumber daya manusia (SDM) sering didekati dari perspektif pengembangan kompetensi dalam organisasi. Dewasa ini, manajemen talenta telah  berfokus pada peningkatan potensi para pekerja  dengan mengembangkan kapasitas kerja mereka. Bahkan, manajemen talenta mulai dipandang  sebagai tugas strategik oleh para pemimpin puncak di banyak organisasi,  dimana strategi manajemen talenta terpadu tengah dirumuskan untuk mencapai maksud tersebut. Langkah yang paling umum sering diambil oleh para manajer HR  sebagaimana dipaparkan  di bawah ini, yakni:

  1. Meningkatan prosedur perekrutan untuk memastikan bahwa orang yang tepat telah dipekerjakan;
  2. Membuat agar pekerjaan memiliki makna bagi setiap para pekerja;
  3. Mempertahankan lingkungan kerja yang baik;
  4. Merit sistem diberlakukan  secara teratur;
  5. Semua para pekerja diberi kesempatan untuk belajar mengembangkan kemampuan mereka dan memberi kontribusi pada organisasi dengan lebih baik; dan
  6. Para pekerja terlindung dari tekanan kerja yang tinggi.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close