People Innovation Excellence

Manajemen Talenta [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Diberlakukannya manajemen talenta akan menguntungkan, baik bagi para pekerja itu sendiri maupun bagi organisasi. Organisasi dapat memetik manfaat dengan adanya peningkatan produktivitas dan kemampuan, dan adanya keselarasan yang lebih baik antara upaya individu dengan tujuan bisnis. Di sisi lain, para pekerja lebih memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi, adanya kepastian pengembangan karir, memiliki kontribusi dan peningkatan pengetahuan terhadap tujuan organisasi, sekaligus terselenggaranya kesinambungan motivasi dan kepuasan kerja. Perencanaan suksesi adalah komponen penting dari setiap strategi manajemen talenta, tetapi keduanya tidak sama. Organisasi yang serius ingin menerapkan  manajemen  telenta , akan mengimplementasikan hal tersebut disetiap fungsi dan tingkatan organisasi, tidak semata-mata hanya merencanakan suatu manajemen suksesi.

Pendekatan yang mereka lakukan biasanya  berlangsung pada tiga hal utama, yakni:

  1. Merumuskan strategi  untuk mendukung transisi kepemimpinan di setiap tingkatan-organisasi;
  2. Memfokuskan energi untuk membangun “pipa” pasokan pemimpin, yang  sesuai dengan peran yang akan dimainkannya di masa mendatang. Organisasi yang berhasil melakukan hal ini dengan baik memiliki  “kolam talenta” untuk mendukung pertumbuhan organisasi dengan cepat; dan
  3. Berhati-hati untuk tidak memperlakukan semua peran dengan cara yang sama. Peran-peran yang ada diidentifikasi dan dianggap sebagai nilai tambah yang unik, untuk mempertahankan variabilitas kinerja.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close