People Innovation Excellence

Manajemen Talenta [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Adanya pengertian yang membingungkan dari ketiga konsep tersebut dapat menyebabkan bencana bagi pengelolaan talenta. Mereka yang bekerja efektif dalam satu pekerjaan tidak selalu akan berhasil dalam pekerjaan di tingkat berikutnya. Artinya, mereka yang memiliki potensi perlu dikembangkan, dan setiap pekerja potensial harus memperoleh manfaat dari proses pengembangan, meskipun mungkin mereka  belum siap untuk mengambil peran atau pekerjaan yang menantang. Sebagai contoh, ketika kita mencoba bertanya  kepada seorang pelatih senam olimpiade, yaitu bagaimana sudut pandangnya dalam melihat potensi pesenam muda perempuan. Tentunya kita akan disuguhi kriteria sifat-sifat, sikap dan ketangguhan mental tentang anak perempuan yang akan bersaing di tingkat kompetisi. Demikian pula halnya dalam bisnis, kita harus mengidentifikasi potensi talenta kepemimpinan, untuk dikembangkan dan siap menghadapi kompetisi di masa depan .

Terdapat langkah kunci agar strategi talenta secara efektif dapat dilaksanakan, yakni:

  1. Merumuskan visi, yaitu  mendefinisikan model talenta yang dibutuhkan untuk sekarang dan masa depan guna mendukung prioritas strategik dan budaya organisasi;
  2. Berdasarkan desakan atau dorongan pada organisasi, maka mengartikulasikan persyaratan kepemimpinan adalah penting, yaitu dengan menentukan kebutuhan organisasi agar berhasil dalam jangka waktu 3-5 tahun ke depan. Apa saja yang menjadi dorongan utama, dimana pemimpin harus berhasil mengeksekusi setiap keputusan organisasi sesuai dengan prioritasnya;
  3. Mengidentifikasi pemimpin berpotensi tinggi, yaitu mengenali para pemimpin dalam organisasi dengan memberikan janji promosi untuk menjadi pemimpin yang berhasil di masa depan; dan
  4. Menilai kesiapan dan talenta yang dimiliki. Dalam hal ini kita perlu mengetahui siapa saja yang memiliki kesiapan dan pantas diberikan  peran kunci, dan siapa saja yang tidak memiliki kesiapan, terutama kesiapan untuk mengambil peran kepemimpinan dalam organisasi. Dalam hal ini, kita juga dapat memanfaatkan data dan/atau informasi berkenaan dengan hasil seleksi dan penilaian yang kita kumpulkan dari  perekrutan yang sukses untuk keputusan promosi karir.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close