People Innovation Excellence

Manajemen Perubahan [Bagian 13]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam situasi perubahan, seorang manajer bisa saja dihinggapi keraguan bahwa kerugian yang diderita akan menjadi lebih besar ketimbang  keuntungan yang akan diperoleh. Suatu rasa  “takut kehilangan” bisa  menutup pikiran kita untuk mengembangkan  pemikiran positif tentang perubahan, dan bahkan bisa melakukan tindakan yang bakal menghalangi  atau menggagalkan inisiatif perubahan.  Ketika suatu inisiatif perubahan diumumkan dalam sebuah organisasi, harus diakui bahwa perubahan itu akan mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda. Setiap orang dalam organisasi  membutuhkan  suatu lingkungan yang aman sehingga ia bebas untuk bereaksi.  Demikian pula, setiap orang  membutuhkan kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sebelum mereka dapat menguasai perilaku yang diharapkan oleh suatu perubahan. Semakin mendalam perubahan organisasi, semakin  menuntut terciptanya  kesempatan yang aman bagi setiap orang untuk menyesuaikan diri.

Setiap orang memiliki daya adaptabilitas dalam merespon suatu perubahan, dan perbedaan respon tersebut dipengaruhi oleh empat hal utama, yakni:

  • Faktor keyakinan (apa yang saya pikir benar);
  • Faktor nilai (apa yang saya anggap baik);
  • Faktor perilaku (bagaimana saya melakukan hal tersebut); dan
  • Keterampilan (kemampuan dan talenta).

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close