People Innovation Excellence

Kepemimpinan Dalam Manajemen Korporasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

1. Fokus pada tujuan
Suatu dampak dapat dicapai dalam berbagai bidang, dan tidak hanya pada bidang keuangan semata. Sebuah taksonomi untuk keperluan ini telah dirumuskan oleh Bartram et al (2002) berupa pendekatan yang sebanding dengan balanced scorecard (Kaplan dan Norton, 1992). Empat kriteria telah ditetapkan oleh Bartram et al, yakni:
1.1. Ekonomi. Faktor Ini adalah suatu yang fundamental, dimana suatu organisasi komersial yang tidak efektif secara ekonomis pasti tidak akan bertahan. Efektivitas organisasi dalam hal ekonomi terkait erat dengan lingkungan ekonomi eksternal, dimana organisasi yang efektif harus mampu beradaptasi dengan perubahan iklim ekonomi;
1.2. Teknologi. Efektivitas organisasi memerlukan penggunaan teknologi untuk pelayanan dan pengembangan produk, dan begitu pula bagi komunikasi internal dan eksternal. Efektivitas penggunaan sumber daya teknologi merupakan faktor penting dalam keberhasilan organisasi;
1.3. Komersial. Sifat dan kondisi lingkungan komersial di mana sebuah organisasi beroperasi adalah penting sekali untuk mencapai suatu keberhasilan. Efektivitas dalam hal ini dapat didefinisikan dalam hal kemampuan untuk mengembangkan ceruk pasar tertentu, atau dalam menghadapi persaingan sekaligus mengambil pangsa pasar pesaing;
1.4. Sosial dan Pribadi. Hal ini dimaksudkan sebagai gagasan sosial dalam arti yang lebih luas, termasuk langkah-langkah sosial-politik, etika dan efektivitas budaya. Organisasi tidak hanya terdiri dari sekelompok orang secara internal, akan tetapi aktivitasnya juga berdampak pada orang-orang yang berada di luarnya, termasuk pelanggan, pemasok, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya. Juga berdampak pada keberhasilan dan kegagalan ekonomi atau sosial, baik dalam hal peningkatan standar maupun kualitas hidup. Setiap organisasi memiliki tujuan, dimensi sosial, etik dan politik. Dengan demikian, tujuan organisasi belum tentu sejalan dengan tujuan ekonomi murni. Seorang pemimpin yang efektif adalah mereka yang memiliki dampak nyata terhadap satu atau lebih dari kriteria diatas secara positif dengan mempengaruhi perilaku dan kinerja orang lain. Setelah fokus pada tujuan teridentifikasi, maka secara kualitatif perlu menentukan faktor penentu keberhasilan agar indikator kinerja utama menjadi terukur.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close