People Innovation Excellence

Kepemimpinan Dalam Manajemen Korporasi [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

2. Jenjang organisasi
Organisasi membutuhkan kepemimpinan di semua jenjang atau tingkatan. Sementara pemimpin organisasi atau tim kerja ditingkat paling atas akan memiliki dampak terbesar pada pengaturan arah organisasi, dan demikian pula halnya para pemimpin di tingkat berikutnya juga diharapkan memiliki dampak dalam membangun dan mencapai tujuan yang diinginkan organisasi. Katakanlah kita membagi lima jenjang atau tingkatan organisasi , dimana setiap tingkat dikaitkan dengan derajat kompleksitas yang berbeda tentang pekerjaan, jenis pekerjaan, kualifikasi dan tuntutan keterampilan yang dibuat pada kompetensi individu. Dalam hal ini, atribut dan fungsi kepemimpinan menjadi penting pada semua jenjang atau tingkatan.
3. Dampak terhadap stakeholders
Dalam mempertimbangkan dampak, kita juga perlu mempertimbangkan siapa yang terkena dampak dan sejauhmana ruang lingkupnya. Terdapat lima kategori orang yang terkena dampak dari keputusan seorang pemimpin, yakni:
1. Para investor dan pemegang saham. Lahirnya kepemimpinan yang efektif dan terpercaya adalah hal yang penting dalam memberi kepastian bahwa organisasi sanggup melakukan pengembalian investasi, stabilitas jangka panjang dan pertumbuhan.
2. Tim Pekerja. Para pekerja menuntut adanya jaminan kepuasan kerja, stabilitas kerja, prospek karir, pengembangan pribadi, sistem renumerasi yang bermanfaat. Dalam hal ini, kepemimpinan adalah penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif, memberikan arah yang jelas dan memberikan inspirasi dan motivasi.
3. Pelanggan. Meskipun pelanggan tidak langsung terkena dampak dari kepemimpinan yang baik, namun mereka perlu memastikan bahwa organisasi sebagai mitra mereka dapat memberikan manfaat, yaitu berupa kualitas produk atau pelayanan, serta dukungan yang baik dan perawatan purna jual.
4. Pemasok. Tentu saja para pemasok ingin mereka bekerja dengan sebuah organisasi yang dapat diandalkan dan menyediakan stabilitas jangka panjang dalam kedudukan di pasar, disamping memiliki keandalan dalam pembayaran, juga memahami kendala dan kemampuan para pemasok.
5. Lingkungan. Suatu lingkungan yang lebih luas berharap bahwa kegiatan organisasi dapat berdampak positif dan bermanfaat pada lingkungan, khususnya terhadap cara hidup, baik secara ekonomis, maupun sosial budaya dan politik. Para pemimpin, yang keterlibatannya memberikan dampak yang luas terhadap dunia luar, sangat penting untuk mengelola hal tersebut secara efektif. Para pemimpin organisasi berskala besar di sektor pelayanan publik dan para manajer senior di perusahaan multinasional berskala besar, dianggap dapat memberikan dampak kepemimpinan yang lebih luas ketimbang yang dibutuhkan untuk organisasi mereka sendiri. Mereka dituntut keterlibatannya dalam bidang standar pengaturan, profesionalisme, kejujuran, tata pemerintahan yang baik, strategi, dan inovasi. Dengan demikian, dampak seorang pemimpin bisa luas, akan tetapi juga bisa sempit. Seorang pemimpin mungkin memiliki dampak terhadap tim kerja lokal mereka , organisasi lokal mereka, lingkungan lokal mereka , baik secara nasional maupun internasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close