People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

 7  model kebiasaan (the seven habits) dari Stephen Covey

Stephen Covey telah mempublikasikan karya populer berupa  model  tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif dan  berlaku baik dalam  kehidupan pribadi maupun dalam pekerjaan atau organisasi. Menarik  pelajaran dan menerapkan ke tujuh kebiasaan tersebut akan membantu kita  menghadapi perubahan secara efektif. Tujuh Model Kebiasaan dari Covey merupakan proses tahapan manajemen perubahan inspiratif yang cukup menantang untuk mengevaluasi nilai-nilai  dan sekaligus tentang  bagaimana cara kita bereaksi terhadap perubahan dalam hidup kita. Tentu saja tujuh Kebiasaan bukan rumus cepat dan mudah untuk sukses. Akan tatapi sebuah model untuk  membentuk  pribadi yang kuat dalam  memimpin suatu perubahan.  Tujuh Kebiasaan adalah model langkah demi langkah guna memberdayakan kita agar sanggup membuat keputusan dan bertindak serta selalu bergerak menuju tujuan sekaligus bereaksi secara efektif terhadap apa pun yang terjadi.  Model  ini  memiliki hubungan yang kuat dengan konsep Kecerdasan Emosional dan menekankan pentingnya kesadaran diri sebelum terlibat dengan orang lain secara sukses. Tujuh kebiasaan merupakan model yang memperkenalkan konsep ‘kebiasaan’ (habits) yang perlu dipelajari dan dilakukan secara otomatis. Berupa proses belajar kebiasaan baru yang terdiri dari tujuh kebiasaan yang efektif. Tentu saja belajar kebiasaan baru tidaklah mudah, sehingga  membutuhkan waktu dan latihan.  Stephen Covey mengatakan bahwa tumbuhnya tujuh kebiasaan yang terbangun satu dengan lainnya dapat menciptakan efektivitas pribadi dan interpersonal. Menurutnya,  tujuh kebiasaan dapat dibagi menjadi dua bagian, yang  pertama berfokus pada “kemenangan pribadi” dan yang kedua pada “kemenangan publik”. Lebih lanjut Stephen Covey mengatakan bahwa “kemenangan pribadi mendahului kemenangan publik”, artinya bahwa  kita harus menguasai diri kita sebelum kita dapat menikmati kesuksesan di luar diri kita  dengan orang lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close